10 Anjuran Untuk Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Setelah minggu lalu kita merayakan Idul Adha, dan mungkin terlalu ‘kebablasan’ mengkonsumsi daging yang menjadi menu makanan utama untuk beberapa hari setelahnya, Anda patut memeriksakan kondisi kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Sebab, bisa saja karena asupan makanan yang tidak terkontrol, kolesterol Anda naik hanya dalam beberapa hari.

10 Anjuran Untuk Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut Colin Fern Simbolon yang adalah seorang dokter umum di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi menyatakan jika Anda harus ikuti 10 Anjuran Untuk Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol, ini dia selengkapnya.

1. Membatasi konsumsi makanan yang berlemak. Sebisa mungkin Anda harus mengurangi asupan mengkonsumsi daging, maksimal konsumsi daging sebesar ukuran telapak tangan Anda.

2. Meningkatkan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Sempurnanya konsumsi buah dan sayur masing-masing sebanyak 5 porsi dalam sehari. Jika terlalu sulit, pastikan untuk mengkonsumsi buah dalam konsumsi kecil saja setiap jam makan.

3. Mengkonsumsi oatmeal, atau makanan lainnya yang berbahan gandum.

4. Mengganti minyak goreng yang biasa Anda pakai untuk memasak, dengan minyak zaitun. Pakai secukupnya, dengan begitu kolesterol yang berasal dari minyak yang dipanaskan juga makanan-makanan tertentu dapat berkurang.

5. Lebih baik lagi jika Anda menghindari makanan yang digoreng.

6. Mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh.

7. Berolahraga secara teratur, minimal 30 menit, jika tidak punya banyak waktu dilakukan setiap hari, olahraga bisa Anda lakukan 3 kali dalam seminggu.

8. Mengusahakan untuk memiliki berat badan yang ideal.

9. Miliki gaya hidup aktig, biasakan untuk lebih banyak bergerak dan jangan bermalas-masalan.

10. Menghindari stress yang berlebihan. Berdasarkan sebuah penelitian dikatakan jika stress termasuk salah satu faktor naiknya kadar kolesterol pada sebagian orang.

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *