5 Alasan Mengapa Konsumsi Serat Itu Penting

Untuk menjaga kesehatan, kita tidak bisa mengabaikan yang satu ini. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi penting untuk tubuh, mulai dari vitamin, mineral, protein dan lainnya.

Termasuk juga serat, serat adalah salah satu asupan nutrisi yang tidka bisa kita abaikan. Mengapa begitu? Hal ini diketahui jika serat merupakan senyawa baik dengan beragam manfaat yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

5 Alasan Mengapa Konsumsi Serat Itu Penting

Serat sendiri terbagi kedalam dua jenis, yaitu serat larut dan serat tak larut.

1. Serat larut.

Merupakan jenis serat yang lengket, lembut dan bisa menyerap air. Serat jenis ini membentu senyawa seperti gel di dalam sistem pencernaan. Sumber serat larut diantaranya buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum.

2. Serat tak larut.

Termasuk jenis serat yang mendukung kinerja sistem pencernaan kita, serta dapat meningkatkan massa dari feses. Dengan manfaat ini, serat tak larut akan membantu Anda yang sedang mengalami gangguan sembelit. Adapun contoh dari sumber serat tak larut yang bisa dikonsumsi antara lain bayam, kangkung, kacang hijau, kol dll.

Walaupun serat tidak bisa menjadi sumber energi untuk tubuh, namun ketahuilah jika serat juga tetap harus disediakan pada kebutuhan kita sehari-hari karena manfaatnya yang luar biasa. Diantaranya :

  • Membuat pencernaan lebih sehat.

Mengkonsumsi serat yang cukup setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda, dan mencegah terjadinya konstipasi alias sembelit. Terutama serat tidak larut, dapat memberikan tambahan massa feses. Dengan ini, feses akan lebih mudah untuk dikeluarkan dari usus.

  • Mengontrol gula darah.

Dengan konsumsi serat larut cukup setiap hari, kadar gula darah Anda akan membaik. Hal ini dapat menurunkan risiko maupun mengendalikan keganasan penyakit Diabetes.

  • Menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Beragam penelitian menunjukkan jika serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. Dengan kadar kolesterol yang normal, resiko penyakit jantung dan stroke akan menurun.

  • Membuat berat badan tetap stabil.

Serat tidak larut akan memperlambat pengosongan lambung, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat mencegah Anda makan dan ngemil berlebihan.

  • Mengurangi risiko Kanker.

Konsumsi serat secara teratur dihubungkan dengan penurunan risiko dari Kanker usus besar.

Walaupun serat memberikan manfaat baik, Anda harus tetap membatasi asupan serat sehari-hari. Para pria dewasa disarankan untuk mengonsumsi 38 gram serat perhari, sementara wanita dewasa cukup 25 gram perhari.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *