6 Cara Terbaik Orangtua Untuk Mensiasati Anak Susah Makan

Bagi orangtua, melihat anak-anaknya dengan nafsu makan yang tinggi menjadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri, itu artinya Anda tidak perlu repot-repot untuk membujuk anak Anda makan. Lebih bagus lagi jika anak-anak dapat menerima asupan makanan apapun, mulai dari makanan kaya protein dan lemak seperti daging, ikan dan lainnya, sayur dan juga buah. Nah, ini yang sering menjadi permasalahannya. Kadang, anak hanya mau makan menu itu-itu saja, jika tidak diberi ya anak tidak akan makan. Untuk menyiasatinya biasanya orangtua akan menambahkan vitamin atau suplemen khusus untuk anak agar asupan gizinya tetap terpenuhi.

Lalu bagaimana jika Anda memiliki anak yang kesulitan untuk makan?Ada 6 cara terbaik yang bisa dilakukan oleh orangtua yang memiliki anak susah makan, berikut selengkapnya :

6 Cara Terbaik Orangtua Untuk Mensiasati Anak Susah Makan

  • Membuat suasana makan anak sedikit lebih berbeda.

Suasana yang berbeda disini dimaksudkan untuk Anda, sebagai orangtua jika anak kesulitan untuk diajak makan sebaiknya Anda bisa mengajak si buah hati berjalan-jalan kecil disekitaran rumah. Selain untuk membuat anak tidak bosan, jika hanya mengajak anak nonton tv, anak nantinya malah akan fokus dengan apa yang dia tonton di tv, jadi makanan akan terbengkalai.

  • Mengajak anak untuk menyiapkan makanan.

Anak pasti senang jika diajak bermain, nah Anda bisa lakukan metode ini dengan cara mengajak anak membuat makanan yang mereka suka! Anda bisa mengajarinya bagaimana cara membuat bekal dengan mengajarkan proses membuatnya. Berikan anak tugas mudah seperti menyusun makanan bekalnya ke tempat makannya. Cara ini efektif untuk meningkatkan minat anak untuk makan, karena anak akan lebih menghargai makanan dari hasil tangannya sendiri.

  • Memvariasikan menu makanan.

Anda tau, jika anak bisa saja bosan dengan tampilan makanan yang polos dan terkesan tidak menarik untuk anak. Jangan diabaikan, minat anak bisa berkurang untuk memakan makanan seperti ini. Untuk itu, jika anak sudah terlihat bosan, variasikan sedikit makanan yang akan dikonsumsi anak. Anda bisa menambahkan beberapa sayuran hijau, saus dan lain-lain yang akan membuat tampilan makanan lebih menarik. Dijamin, pasti anak tidak akan menunda waktu makannya lagi.

  • Mengatur jadwal makan secara teratur.

Dengan jadwal makan teratur, anak akan terbiasa makan tepat waktu. Selain itu dengan pola makan yang teratur anak akan memiliki rasa tanggung jawab saat jadwal makannya tiba dan tentunya ini akan mempermudah Anda dan tidak perlu repot-repot menyuruh anak makan di jamnya.

  • Berikan contoh yang baik.

Alaminya, anak biasa meniru orang terdekatnya, dalam hal ini adalah orangtua. Makanya, untuk menyiasati anak susah makan, jadilah contoh yang baik untuk anak Anda. Saat sedang makan bersama, ikut makanlah makanan yang bergizi dan kaya nutrisi agar anak nanti mengikuti dengan sendirinya.

Penting untuk Anda ketahui bahwa sebelum Anda melakukan tips atau cara-cara diatas, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab anak tidak mau makan. Apakah penyebabnya anak sedang sakit atau mengalami psikologis yang membuat nafsu makannya berkurang. Selain itu sebaiknya hindari memaksa anak untuk makan, karena hal tersebut malah dapat menyebabkan anak mengalami gangguan psikologis yang akan membuat anak semakin susah untuk makan. Jadilah orangtua yang bijak, semoga dapat bermanfaat 🙂

6 Cara Terbaik Orangtua Untuk Mensiasati Anak Susah Makan |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *