Aktivitas Di Rumah Yang Membuat Jantung Sehat

Untuk Anda yang tidak sempat melakukan olahraga di luar rumah atau gym, bisa juga kok berolahraga di dalam rumah. Beberapa aktivitas rumahan sehari-hari yang bisa dijadikan sebagai ‘pengganti’ olahraga, justru membuat sehat Jantung. Kuncinya cukup dengan hanya bergerak aktif dan niat tentunya.

Kesehatan Jantung harus diperhatikan dengan baik sebab, di jaman sekarang ini makin banyak orang terutama dari kalangan anak-anak muda yang terkena ancaman dari penyakit Jantung. Menurut hasil survei di tahun 2014 silam ditemukan jika penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian tertinggi pada semua usia di Indonesia, yakni sebesar 12,9%. Dengan melakukan gaya hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga atau beraktivitas fisik yang cukup tentu membuat angka risiko penyakit Jantung berkurang. Jangan hanya menerapkannya pada diri sendiri, ajak serta keluarga Anda untuk sama-sama berubah.

Aktivitas Di Rumah Yang Membuat Jantung Sehat

Jika terlalu sibuk untuk berolahraga di luar dan di gym pun tidak sempat, Anda bisa melakukan sejumlah Aktivitas Di Rumah Yang Membuat Jantung Sehat berikut ini.

Mencuci mobil atau motor sendiri.

Sebelum berangkat bekerja, bangunlah lebih pagi dan cuci sendiri kendaraan Anda. Aktivitas ini bisa membuat Anda lakukan dengan ritme cepat, dengan diiringi musik yang dinamis untuk mempertahankan intensitas gerakan menyerupai olahraga. Lakukan sekitar 30 menit, serupa dengan aktivitas aerobik setidaknya 30 menit setiap hari.

Memandikan hewan peliharaan.

Aktivitas berolahraga menyenangkan juga bisa dilakukan dengan Anda meluangkan waktu untuk memandikan hewan peliharaan Anda. Namun sebaiknya jangan dilakukan sambil duduk, ya. Anda dapat memandikannya sembari berdiri agar tubuh berkeringat.

Memasak.

Memasak ternyata juga bisa membakar kalori sebanyak 75–111 kalori per 30 menit.Sisihkan waktu untuk memasak dengan pasangan Anda. Di samping membuat langsing, juga dapat menambah keharmonisan rumah tangga.

  • Menyapu dan mengepel lantai.

Aktivitas keduanya memang cukup untuk membuat berkeringat. Ternyata bukan hanya keringat saja yang didapat, tapi juga dapat menguras kalori dan mirip olahraga adalah menyapu serta mengepel lantai. Selain itu, mencuci baju juga cukup menguras tenaga. Walaupun begitu, aktivitas-aktivitas tersebut sebaiknya tetap dibarengi dengan jalan cepat (misalnya: saat pergi ke swalayan, atau saat menjemput anak sekolah dengan jarak yang cukup terjangkau dengan jalan kaki).

  • Berkebun.

Bagi Anda yang memiliki hobi dalam berkebun, ini kabar bahagia untuk Anda! Selain membuat halaman rumah menjadi indah, berkebun juga bisa membakar kalori sekitar 200–400 kalori perjam.

  • Naik-turun tangga.

Jika rumah Anda memiliki tangga, manfaatkanlah dengan naik-turun tangga setiap waktu. Selain membakar kalori, juga dapat mengencangkan otot paha dan anggota gerak lainnya.

Sumber artikel, klikdokter.

Semoga bermanfaat, salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.