Anak Yang Tertular Penyakit Hepatitis Dari Ibunya

Sudah saatnya untuk tidak menyepelekan penyakit yang terlihat ringan, sebab ada kemungkinan jika penyakit tersebut tidak mendapatkan penanganan, berubah menjadi penyakit yang berbahaya di kemudian hari.

Salah satu dari sekian banyak penyakit yang harus mendapatkan ekstra perhatian adalah penyakit Hepatitis. Hepatitis adalah penyakit yang mulai sering terjadi di negara berkembang, dan menduduki peringkat kedua sebagai salah satu penyakit mematikan.

Anak Yang Tertular Penyakit Hepatitis Dari Ibunya

Dilansir dari laman vemale.com, menurut dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RS. Cipto Mangunkusumo yaitu Dr. dr. Rino Alvani Gani, Sp.PD-KGEH, mengungkap jika salah satu penularan dari penyakit ini adalah dari ibu hamil ke anak yang kemudian dilahirkannya. Mengenai proses penylarannya sendiri, Hepatitis B dari ibu ke bayi yang baru dilahirkannya sudah t erjadi saat masa kehamilan. Akan tetapi, sekitar 95% proses penularan terjadi saat proses melahirkan. Dan pada anak yang terserang penyakit tersebut, mereka jarang menunjukkan gejala atau ciri-ciri umum dari tanda penyakit Hepatitis. Hal ini dikarenakan 80% dari pasien penderita Hepatitis memang tidak memiliki gejala ataupun adanya rasa sakit. Namun, semakin waktu berjalan, Hepatitis B akan berkembang menajdi Kanker Hati.

Untuk memutuskan penularan penyakit ini, ibu hamil yang menderita Hepatitis sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan guna mengetahui apakah HBsAg positif atau negatif. Setekah itu, bayi harus diberikan imunisasi aktif dengan pemberian HB 0, kurang dari 24 jam setelah lahir dan pemberian Vitamin K-1.

Ibu dengan HBsAg positif nantinya akan diberikan imunisasi immunoglobulin kurang dari 24 jam setelah lahir bersamaan dengan pemberian HB 0 pada paha yang berbeda, diikuti dengan pemberian imunisasi Hepatitis B, juga at anak sudah mencapai usia 2, 3, dan 4 bulan nantinya. Saat bayi berusia 9-12 bulan, akan dilakukan tes HBsAg serta titer anti HBs.

Penyakit Hepatitis yang dapat tertular melalui ibu dan anak ini harus sangat diamati. Pemberian vaksin pada bayi juga harus dilakukan kurang dari 24 jam.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *