Apa Saja Manfaat Daun Sirih?

Indonesia, adalah negara yang kaya dengan beragam jenis tumbuhan herbal, dan rempah-rempah yang tidak kalah baik dalam manfaatnya untuk kesehatan. Salah satu yang mungkin cukup umum diketahui adalah manfaat daun sirih untuk kesehatan.

Orang-orang zaman dulu lebih sering memanfaatkan tanaman herbal di sekeliling mereka, dibandingkan dengan berobat ke dokter / rumah sakit yang jaraknya bisa sangat jauh dan biayanya masih terlalu mahal kala itu.

Salah satu jenis tanaman yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan, tidak lain adalah daun sirih. Hingga saat ini, daun sirih masih digunakan berbagai kalangan sebagai obat alami, atau campuran dalam membuat minuman jamu kesehatan.

Apa Saja Manfaat Daun Sirih?

Kandungan manfaat daun sirih menurut Wikipedia.

Bersumber dari Wikipedia, dikatakan jika daun sirih memiliki kandungan Minyak atsiri. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

Apa Saja Manfaat Daun Sirih?

Manfaat dari daun sirih untuk kesehatan juga cukup banyak, beberapa diantaranya yaitu :

  • Mengobati nyeri.

Memiliki kandungan polifenol tinggi bernama chavicol pada daun sirih membuatnya memiliki sifat anti inflamasi yang sangat kuat. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih, maka kita akan mengatasi rasa nyeri yang muncul pada tubuh.

  • Membantu mengatasi sakit tenggorokan.

Daun sirih memiliki sifat alami sebagai anti inflamasi dan anti bakteri. Tidak heran jika cukup banyak obat-obatan yang menggunakan bahan alami dari daun sirih karena mampu mengatasi demam atau sakit tenggorokan.

  • Mengatasi gangguan pencernaan.

Saat perut tidak nyaman, kita bisa meminum air rebusan daun sirih. Konsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, kita juga bisa mengoleskan minyak daun sirih pada perut yang membuat perut terasa lebih nyaman.

  • Membantu proses penyembuhan luka.

Daun sirih juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal ini membuat daun sirih mampu mengatasi stress oksidatif sehingga mampu membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mengoleskan daun sirih pada luka dan setelahnya tinggal dibungkus dengan perban. Luka ini pun akan bisa segera sembuh hanya dalam 1-2 hari saja.

  • Membantu menurunkan berat badan.

Dengan rutin mengkonsumsi daun sirih ternyata mampu membuat sistem metabolisme dalam tubuh meningkat. Tak hanya itu, hal ini akan membuat sekresi pencernaan ikut meningkat sekaligus menghilangkan kadar air berlebihan atau racun dari tubuh. Serat dari daun sirih juga membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh sekaligus mengatasi sembelit. Hal ini tentu akan membuat berat badan semakin mudah turun.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *