Apakah Cukup Menurunkan Kolesterol Hanya Dengan Konsumsi Suplemen?

Penderita kolesterol tinggi, semakin tidak menyadari bahaya yang bisa terjadi akibat kondisi tersebut. Mungkin karena tidak adanya gejala yang signifikan akibat naiknya kadar kolesterol seseorang. Namun, sehubungan dengan kondisi tersebut, terdapat sejumlah suplemen yang diklaim dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi.

Apakah Cukup Menurunkan Kolesterol Hanya Dengan Konsumsi Suplemen?

Sebelum membahas mengenai suplemen kolesterol, kenali terlebih dahulu apa saja kolesterol tersebut.

Kolesterol sebenarnya salah satu zat alami yang dibutuhkan tubuh. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi atau terlalu rendah, tetap saja dapat berpengaruh pada kesehatan. Kolesterol terbagi kedalam 3 jenis, yaitu kolesterol jahat, kolesterol baik dan Trigliserida.

Kolesterol jahat; adalah senyawa yang menyebabkan sumbatan di pembuluh darah (Aterosklerosis). Jika kadarnya terlalu tinggi. Kolesterol ini dapat menyebabkan penderitanya berisiko terhadap penyakit Jantung, Stroke dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Kolesterol baik; adalah senyawa yang bertugas dalam memindahkan kolesterol jahat yang menumpuk di pembuluh darah ke hati untuk di metabolisme. Kolesterol baik juga akan memperkecil terhadap risiko Jantung, Stroke, dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Trigliserida; adalah kelebihan dari karbohidrat yang kemudian diubah menjadi lemak di hati. Seperti halnya kolesterol jahat, kadar dari trigliserida yang tinggi di dalam tubuh, akan menyebabkan sumbatan di pembuluh darah, dan akhirnya akan berisiko meningkatkan penyakit Jantung dan Stroke.

Apakah Cukup Menurunkan Kolesterol Hanya Dengan Konsumsi Suplemen?

Untuk mengurangi dan mengatasi kadar kolesterol tinggi / jahat di dalam tubuh, apakah cukup jika hanya mengandalkan suplemen?

Salah satu cara yang sangat umum dilakukan masyarakat untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh dengan cara alami dan tidak repot, adalah dengan mengonsumsi suplemen, misalnya suplemen minyak ikan. Hal ini karena suplemen minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko penggumpalan darah, menurunkan kadar trigliserida, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Selain itu, suplemen penurun kolesterol juga ada yang terbuat dari minyak zaitun, di mana terkandung omega-9 di dalamnya. Omega-9 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kandungan lain yaitu flavonoid yang terdapat pada suplemen tersebut. diklaim dapat meningkatkan sistem kekebalan, serta menghambat proses oksidasi kolestrol jahat di dalam tubuh.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen penurun kolesterol, alangkah lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan apakah suplemen tersebut sesuai dengan kondisi tubuh dan kadar kolesterol yang Anda alami. Sangat dianjurkan jika Anda ingin mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh, selain dengan mengandalkan suplemen, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat, seperti mulai menjauhi kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol, juga berolahraga secara rutin dan teratur.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.