Apakah Ramuan Tradisional Jeruk Nipis Dan Kecap Manjur Untuk Batuk?

Sebagian orang termasuk kita sendiri terkadang bisa terkena batuk dengan mudah. Batuk adalah penyakit yang menular, bisa ditularkan melalui orang sekitar dengan mudah jika kondisi tubuh kita sedang tidak fit. Batuk juga lebih mudah terserang pada anak-anak dikarenakan sistem kekebalan tubuh mereka yang masih lemah. Sudah sejak jaman dahulu kita mengenal ramuan tradisional untuk mengatasi batuk, yaitu campuran jeruk nipis dengan kecap. Apakah ramuan tradisional ini memang benar-benar menyembuhkan batuk dengan cepat?

Apakah Ramuan Tradisional Jeruk Nipis Dan Kecap Manjur Untuk Batuk?

Apakah Ramuan Tradisional Jeruk Nipis Dan Kecap Manjur Untuk Batuk?

Sebenarnya, dalam penelitian para ahli belum ada yang menyebut jika keduanya bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi batuk. Hanya saja, pada kandungan jeruk nipis salah satunya diduga dapat mengurangi gejala batuk.

Seperti dari laman yang telah dipublish oleh klikdokter, menyaakan jika seorang nutritionist dan kontributor Livestrong, yaitu Maura Shenker menyatakan jika jeruk nipis yang memiliki kandungan Vitamin C kaya dengan kandungan antioksidan. Senyawa antioksidan ini mampu menekan radikal bebas yaitu unsur-unsur yang membunuh sel-sel sehat, dan menyebabkan seseorang terserang suatu penyakit. Zat antioksidan pada Vitamin C juga menstimulasi sistem kekebalan tubuh untuk melawan beragam penyakit. Diantaranya infeksi saluran pernapasan, yang gejalanya adalah batuk.

Selain mengatasi batuk, jeruk nipis juga bermanfaat untuk membantu mengencerkan lendir dan mengikat dahak yang berada di saluran napas. Dengan demikian, saluran napas tidak akan terisi dahak lagi karena jeruk nipis membantu mengeluarkannya dengan mudah.

Kecap tidak memiliki khasiat khusus, hanya saja bisa bermanfaat untuk menetralkan rasa asam yang berasal dari jeruk nipis. Jika tidak suka kecap, Anda boleh menggantinya dengan madu.

Jika batuk memang bisa mereda hanya dengan ramuan tersebut. Namun, jika ramuan tersebut tidak manjur untuk Anda, segera lakukan pengobatan batuk melalui obat-obatan dokter.

Semoga bermanfaat, salam!

Baca juga :

Obat Alami Penurun Asam Lambung Tinggi Pada Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *