Apakah Normal Ukuran Payudara Yang Tidak Sama?

Dalam istilah medis, dikenal istilah Payudara Asimetris yang artinya payudara besar. Perbedaan antara ukuran payudara sendiri termasuk hal yang normal saja terjadi, sebab struktir anatomi tubuh manusia sendiri memang memiliki beberapa variasi dalam bentuknya.

Apakah Normal Ukuran Payudara Yang Tidak Sama?

Terkadang, dalam satu individu ditemukan perbedaan ukuran satu bagian kiri dan kanan. Selama perbedaan antara ukuran ini tidak terlalu jauh atau mencapai lebih dari 50%, maka kondisi ini masih bisa dikatakan sebagai hal yang normal-normal saja. Termasuk pada ukuran payudara., payudara yang terlihat besar sebelah akan terlihat saat salah satu payudara memiliki bentuk, ukuran, dan juga posisi payudara yang berbeda. Perbedaan ini dapat terlihat normal jika disebabkan beberapa kondisi berikut ini.

  • Mulai masuk masa pubertas.

Pada masa pubertas dapat terjadi perbedaan ukuran payudara dan telihat asimetris. Akan tetapi, dengan semakin bertambahnya usia, kedua payudara akan menyeimbangkan ukuran dengan sendirinya dan menetap sampai ukurannya sempurna.

  • Mengalami trauma di payudara.

Cedera pada salah satu payudara nantinya dapat menyebabkan perubahan struktur jaringan di dalam payudara dan memungkinkan payudara terlihat berbeda ukurannya setelah cedera.

  • Perubahan hormon.

Saat tubuh kemudian mengalami perubahan hormon, contohnya seperti saat sedang memasuki masa ovulasi, terkadang jaringan payudara akan berubah dan terasa lebih penuh dan sensitif.

  • Penggunaan KB hormonal.

Wanita yang rutin menggunakan KB hormonal setiap bulan juga bisa mengalami perbedaan di ukuran payudaranya. Namun, kondisi ini akan berlangsung sementara waktu saja sampai hormon di dalam tubuh kembali stabil.

  • Masa kehamilan dan menyusui.

Pada masa kehamilan dan menyusui, tubuh mempersiapkan diri membentuk jaringan untuk memproduksi air susu Ibu. Oleh karena itu, ukuran payudara pun akan menjadi berbeda.

Soal payudara asimetris

Perlu dikhawatirkan saat kondisi payudara mengalami Asimetris, adalah ketika perubahan ukuran payudara terjadi secara tiba–tiba dan ukurannya sangat jelas melebihi 50%. Kondisi tidak normal biasanya disertai adanya gejala yang disertai nyeri di payudara, terdapat benjolan atau tanda kemerahan di payudara.

Hal ini bisa mengarah kepada gangguan infeksi, tumor jinak atau tumor ganas. Oleh sebab itu, segera konsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan payudara secara langsung dan lakukan pemeriksaan mamografi jika diperlukan agar diketahui segera apa yang menjadi penyebabnya.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.