Apakah Polip Pada Gigi Membahayakan?

Gigi berlubang yang dibiarkan bisa berbahaya karena dapat memicu tumbuhnya pulpa polip juga gingival polip, seperti daging tumbuh di tengah-tengah lubang pada gigi.

Apakah Polip Pada Gigi Membahayakan?

Daging yang muncul di tengah-tengah lubang gigi ini berwarna merah, membengkak, dan rentan mengalami pendarahan. Sementara, jika gingival polip, biasanya memiliki ciri yang berbeda dengan pulpa, hanya saja keduanya sama-sama membutuhkan penanganan dan perawatan yang cukup lama.

Jika sudah terjadi seperti ini, biasanya hal yang dilakukan medis adalah melakukan pengangkatan terhadap daging tersebut. Pengangkatan daging tumbuh di lubang gigi harus tuntas sampai ke akarnya, agar polip tidak tumbuh lagi.

Apakah Polip Pada Gigi Membahayakan?

Apa yang terjadi jika kondisi ini dibiarkan begitu saja? Maka, dampaknya akan membuka jalur antara saluran akar gigi dan rongga mulut dan beresiko menyebabkan pembengkakan dan infeksi.

Bahkan, jika pulpa polip sudah melebar dan menutupi hampir seluruh permukaan gigi, kemungkinan yang terburuk adalah harus dilakukan pencabutan gigi. Pada prosedur pengangkatan polip akan diberikan suntikan anestesi sehingga Anda tidak akan merasa sakit.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *