Aturan BPOM Mengenai Label ‘Mengandung Babi’ Pada Produk Makanan Impor

Beberapa waktu lalu, BPOM mengeluarkan membekukan izin impor untuk beredarnya Mi Instan Produk Dari Korea Selatan yang cukup banyak peminatnya, yaitu merk Samyang.

Aturan BPOM Mengenai Label 'Mengandung Babi' Pada Produk Makanan Impor

Berdasarkan surat perintah penarikan yang dikeluarkan BPOM pusat, importir dari keempat produk mie instan ( Samyang U-Dong, Nongshim Shin Ramyun Black, Samyang Mi Instan Rasa Kimchi, dan Ottogi Yeul Ramen) yang berasal dari PT Koin Bumi dan diketahui termasuk mie yang mengandung babi. Importir tersebut dikatakan telah menyalahgunakan izin edar yang diberikan BPOM. Atas pelanggaran tersebut, BPOM akan membekukan khusus keempat produk mi asal negeri Ginseng tersebut.

Sebenarnya bagaimana sih klasifikasi produk yang harus sesuai dengan aturan dari BPOM?

Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM, dalam peraturan Kepala Badan POM Nomor 12 Tahun 2016 dinyatakan jika pada pangan olahan yang mengandung bahan tertentu yang berasal dari babi harus mencantumkan tanda khusus berupa tulisan “Mengandung Babi” dan gambar babi berwarna merah dalam kotak berwarna merah diatas dasar warna putih.

Dilansir Kompas, dalam kasus Mi Samyang yang mengandung babi mereka mengaku ‘kecolongan’, BPOM terlambat dalam mengantisipasi persoalan ini. Karena seharusnya setiap barang yang masuk ke Indonesia kan harusnya sudah disertfikasi oleh BPOM.

Sebelumnya, sudah beredar surat edaran BPOM bernomor IN.08.04.532.06.17.2432 yang ditujukan untuk Kepala Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Surat perintah tertanggal 15 Juni 2017 itu juga berisi instruksi penarikan produk mi instan Korea di seluruh Indonesia. BPOM juga telah memerintahkan importir untuk segera menarik keempat produk tersebut dari pasar. BPOM juga memerintah Balai Besar dan Balai POM untuk mengawasi peredaran keempat produk Mi Instan Korea tersebut.

Balai POM akan melakukan pemantauan di sarana distribusi retail produk yang menjual produk tersebut, termasuk di antaranya importir/distributor, toko, supermarket, hypermarket, pasar tradisional, atau sarana yang sering melakukan pelanggaran di wilayah kerja Balai POM masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *