Awal Dari Terbentuknya Batu Empedu

Kemunculan batu empedu di dalam tubuh tidak bisa dianggap sepele begitu saja, mengingat ada banyak dampak yang terjadi pada kondisi kesehatan. Selama ini kita mengenal batu-batu yang tumbuh dalam tubuh terdapat pada ginjal yang dikenal dengan sebutan batu ginjal. Namun organ lainnya yang dapat menghasilkan batu di dalam tubuh adalah empedu, tepatnya pada kandung / kantung empedu yang kemudian disebut sebagai batu empedu.

Letak dari kandung empedu tepat dibawah organ hati, di perut bagian kanan atas. Kandung empedu memiliki bentuk seperti buah pir, yang memiliki saluran untuk langsung terhubung dengan hati. Saluran tersebut dinamakan duktus biliaris.

Di dalam duktus biliaris, disanalah awal mula batu empedu terbentuk. Batu muncul akibat cairan empedu yang terdiri dari kolesterol, bilirubin dan garam empedu dihasilkan hati berubah menjadi partikel keras, berupa potongan-potongan berbentuk batu yang padat dan kecil-kecil seperti halnya kerikil.

Bentuknya pun beragam, ada yang oval dan lingkaran. Jika dilakukan penelitian di  laboratorium, akan ditemukan beberapa kandungan dalam batu empedu tersebut, yaitu terdapat kalsium bikarbonat, kalsium bilirubinat, kolesterol dan elemen-elemen serupa. Ukurannya juga beragam, dari yang kecil seperti butiran pasir dan ada juga yang sangat besar hingga seukuran bola golf. Bahkan dalam beberapa kasus batu empedu, ditemukan jenis batu yang berukuran kecil dan terdiri dari ratusan batu, ada juga yang terdiri dari batuan kecil dan besar.

Awal Dari Terbentuknya Batu Empedu
Pembentukan Batu Empedu

Untuk dapat mengetahui bagaimana terbentuknya batu empedu dalam tubuh, kita bisa melihat dari bahan pembentuknya. Dan dalam pembentukan batu empedu dapat dilihat dalam 2 jenis.

Pertama, batu empedu kolesterol, ciri batu ini berwarna hijau atau kuning. Penyebab munculnya batu kolesterol adalah kolesterol yang berlebih dalam kandung empedu dan akhirnya mengeras. Biasanya timbul akibat terlalu banyak konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh. Proses pembentukannya juga sederhana, Kolesterol ini tidak dapat larut dalam empedu yang akhirnya menempel dan membentuk partikel-partikel kolesterol. Lama kelamaan jadilah batu empedu yang semakin membesar.

Lalu kemudian ada batu empedu dengan warna gelap, biasanya coklat dan hitam. Batu ini disebut juga batu empedu hitam dan terbentuk akibat jumlah dari bilirubin yang terlampau banyak dalam empedu.

Jadi, sudah mengerti kan bagaimana Awal Dari Terbentuknya Batu Empedu? Nah semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Salam!

Baca juga : Cara Mengobati Radang Empedu Secara Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *