Bahaya Osteoporosis Pada Tubuh

Mungkin Anda tidak asing mendengar kata Osteoporosis.  Osteoporosis dapat terjadi pada setiap orang di dunia. Dan tidak hanya menyerang orang lanjut usia saja, tapi juga mereka yang masih dalam usia produktif (muda).

Osteoporosis merupakan kondisi dimana tulang mengalami pengeroposan akibat kehilangan masa tulang dikarenakan kehilangan kalsium. Tulang rapuh rawan menyebabkan patah tulang sehingga menganggu aktifitas dan mobilitas penderitanya.

Bahaya Osteoporosis Pada Tubuh

Dan berikut ini adalah Bahaya Osteoporosis Pada Tubuh.

  • Patah Tulang.

Osteoporosis menyebabkan tulang dan sendi menjadi rapuh dan mudah patah. Patah tulang yang terjadi diakibatkan dari penipisan massa tulang. Osteoporosis menggerogoti rongga-rongga tulang yang disebut massa tulang trabekular.

Akibatnya akan sangat menganggu aktifitas dan mobilitas penderita Osteoporosis. Kondisi kecelakaan yang tidak sengaja seperti jatuh, tebentur keras, atau menganggat sesuatu benda yang berat bisa berakibat fatal pada patah tulang. Bahkan dalam kasusnya yang paling sering terjadi patah tulang pada bagian pergelangan tangan dan pinggul. Selain itu, beberapa bagian tubuh lainnya yang termasuk rawan patah adalah siku, bahu dan lutut.

  • Menyebabkan cacat fisik.

Pada sebagian orang, Osteoporosis ternyata menyebabkan tulang punggung membungkuk ke depan (kifosis) yang berakibat pada berkurangnya tinggi badan seseorang.

  • Tekanan pada organ dalam.

Saat tulang mulai membongkok secara tidak wajar, penderita akan mulai kesulitan untuk bernafas, serta rasa nyeri akan muncul pada daerah perut karena organ dalam tubuh mengalami tekanan. Kurangnya penyangga pada punggung akibat tulang punggung yang melengkung, juga menyebabkan tulang rusuk menekan terlalu kebawah jaringan lunak sehingga menekan organ dalam lainnya seperti paru-paru, perut dan usus.

  • Penyebab munculnya nyeri kronis.

Bahaya lainnya yang muncul dari Osteoporosis adalah rasa nyeri (sakit) yang kronis dan teramat sangat. Kadang-kadang rasa sakitnya sampai membuat penderitanya tidak dapat bergerak bahkan sampai lumpuh. Nyeri muncul akibat kompresi pada tulang belakang, dimana tulang saling menekan satu sama lain, diikuti dengan bagian saraf dan jaringan sekitarnya. Rasa sakit ini juga dapat dirasakan di daerah pinggul, lutut, bahu serta pergelangan sendi.

Demikian ulasan sedikit tentang bahaya dari Osteoporosis pada tubuh. Semoga bermanfaat, dan jangan sampai menunda pengobatan.

Artikel terbaru lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *