Bahaya Radang Gusi Jika Terjadi Pada Ibu Hamil

Radang gusi termasuk gangguan / masalah kesehatan mulut yang bisa terjadi pada siapapun, termasuk ibu hamil sekalipun. Walaupun terlihat sebagai keluhan ringan, kondisi ini tidak boleh diabaikan.

Bahaya Radang Gusi Jika Terjadi Pada Ibu Hamil

Dampak yang terjadi pada ibu hamil dengan kondisi sakit gusi berdarah menyebabkan merembetnya berbagai penyakit pada tubuh lainnya. Pada janin, bakteri ataupun kuman yang menyebabkan radang tersebut bisa masuk melalui celah antara gusi dan gigi ibu hamil. Dengan tubuh ibu hamil sendiri sebenarnya sudah memiliki mekanisme pertahanan tubuh yang alami untuk bertahan terhadap reaksi kuman agar tubuh tidak langsung terkena sakit dan bisa mengeluarkan hormon prostaglandin.

Kemunculan hormon prostaglandin inilah yang justru memicu rahim untuk berkontraksi dan terjadinya kelahiran prematur. Aliran pembuluh darah yang mengangkut zat-zat makanan untuk janin pun dapat terhambat akibat hormon tersebut. Akibatnya? Membuat janin kekurangan mendapatkan zat nutrisi dari makanan-makanan yang dikonsumsi ibu hamil dan beresiko mengalami berat badan kurang dari normal. Kelahiran bayi diketahui masih bisa dengan normal, namun bagaimana dengan kualitasnya?

Menurut penelitian para ahli kemudian diketahui jika wanita hamil dengan penyakit gusi kronis, beresiko 7 kali lebih besar untuk melahirkan bayi prematur dengan kualitas berat badan yang juga rendah. Bahkan dalam data yang tercatat, ada sebanyak 77% dari ibu hamil yang menderita radang gusi, melahirkan bayi prematur dengan berat badan bayi dibawah normal. Sehubungan dengan hal tersebut, ibu hamil harus segera melakukan penganan terkait dengan penyakit radang gusi yang dialaminya. Radang gusi terkadang hanya diabaikan saja, dan menunggu sembuh sendiri. Namun karena radang gusi terlihat seperti penyakit ringan dengan gejala yang jarang terlihat justru hal inilah yang membahayakan.

Ibu hamil tidak perlu khawatir jika ingin memeriksakan kondisi tersebut pada dokter gigi. Tindakan seperti mencabut gigi atau melakukan rontgen pada gigi memang diperlukan untuk mengetahui seberapa parah dari radang gusi yang dialami. Namun sebelum radang gusi terjadi, memang alangkah baiknya jika melakukan pencegahan daripada harus menunggu untuk mengobati. Ibu hamil yang ingin terhindar dari penyakit radang gusi dapat menjaga dan mulai memperhatikan kebersihan dan kesehatan di rongga mulut. Selain itu, sikalah gigi 2 kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur malam. Nah, selain itu ada baiknya juga dengan diimabngin mengkonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup dan melakukan pemeriksaan secara rutin di dokter gigi.

Rekomendasi kami : Obat herbal radang gusi untuk ibu hamil yang aman dan tidak membahayakan ibu serta janin, konsumsi QnC Jelly Gamat. QnC Jelly Gamat selain membantu mengatasi radang pada gusi, juga membantu tubuh ibu hamil lebih kuat, membuang zat radikal bebas dari dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit, juga jangan lupa kandungan nutrisi yang ada di dalamnya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *