Bawang Merah Palsu Beredar, Begini Cara Membedakannya

Bawang Merah Palsu Yang Beredar Dan Ciri-ciri Bawang Merah Asli,- Sepertinya selalu ada saja oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan dalam berbagai kondisi. Misalnya, baru-baru ini pemberitaan Indonesia dihebohkan dengan kabar peredaran bawang merah palsu yang sudah sampai pasar Indoensia. Bawang merah palsu ini berasal dari India dan diimpor secara ilegal, dengan harga yang lebih murah.

Bawang merah palsu ini kabarnya merupakan bawang bombai dengan ukuran yang tidak biasa, atau kurang dari besar normalnya yaitu hanya 5 sentimeter atau bahkan lebih kecil. Bawang ini juga dinilai sebagai bawang yang tidak lulus uji standar. Bagaimana bisa ini terjadi?

Bawang Merah Palsu

Bawang Merah Palsu Beredar, Begini Cara Membedakannya

Dilansir dari laman klikdokter, menyebut jika sebenarnya Menteri Pertanian sudah menetapkan jika impor bawang bombai yang berukuran kurang dari 5 sentimeter sudah tidak diperbolehkan / ditutup.

Hal ini dikarenakan bentuk dari bawang ini menyerupai bawang merah lokal dan berpotensi digunakan untuk menipu calon pembeli dan merugikan petani lokal.

Akibatnya, diperkirakan para petani mengalami kerugian hingga 5,8 trililun rupiah akibat keberadaan bawang palsu ini. Tidak hanya itu, kerugian juga pasti dialami konsumen sebab kualitas bawang berbeda dengan bawang merah yang asli.

Dari kerugian dalam segi kesehatan, saat ini belum diketahui apakah bawang merah palsu tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh. Walaupun begitu, tetap saja Anda harus berhati-hati saat membeli bawang merah di pasaran.

Anda dapat mengenai ciri-ciri bawang merah yang palsu dan asli dari beberapa poin dibawah ini.

  • Aroma.

Saat bawang digoreng, bawang merah lokal akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap namun bawang merah palsu tidak. Aroma bawang merah lokal memiliki aroma lebih kuat dibandingkan bawang merah palsu cenderung tidak beraroma.

  • Kulit.

Pada kulit bagian luar bawang saat terkelupas, bawang merah yang bukan asli / milik lokal memiliki warna lebih gelap sementara bawang merah lokal menjadi lebih pucat.

  • Siung.

Bawang merah lokal memiliki siung, sementara bawang merah palsu tidak. Bawang merah lokal memiliki beberapa siung sementara bawang merah palsu umumnya hanya satu siung.

  • Kadar air.

Kadar air dalam bawang merah yang palsu ternyata lebih tinggi atau termasuk dalam jenis bawang basah. Sementara bawang merah lokal cenderung lebih padat dan kering.

  • Olahan.

Karena bawang merah lokal / asli memiliki lebih dari satu siung dengan lapisan tipis, bawang merah lokal tidak dapat diolah menjadi onion ring. Sementara bawang bombai mini dapat dijadikan onion ring. Bawang merah lokal lebih pas dibuat sebagai bawang goreng.

  • Harga.

Harga jual bawang merah yang palsu lebih murah jika dibandingkan bawang merah lokal. Ingat, teliti sebelum membeli dan jangan sampai mudah tergiur hanya karena harga lebih murah dari biasanya.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.