Begini Cara Mencegah Preeklampsia Pada Ibu Hamil

Preeklampsia, merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang sebagian besar terjadi pada ibu hamil. Sebenarnya, apa sih Preeklampsia tersebut?

Begini Cara Mencegah Preeklampsia Pada Ibu Hamil

Mengenal Preeklampsia pada ibu hamil.

Preeklampsia ini adalah sebuah kondisi medis yang ditandai dengan kenaikan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kehamilan. Jika dibiarkan, kondisi dapat berkembang menjadi eklampsia, yaitu terjadinya kejang yang dapat menyebabkan koma dan dapat mengancam kehidupan, baik bagi ibu maupun janin.

Faktor lebih besar ibu hamil mengalami Preeklampsia terjadi pada wanita yang memiliki masalah kesehatan sebelumnya. Seperti penderita Diabetes, Hipertensi, menderita penyakit autoimun seperti lupus, thrombofilia, gangguan ginjal, riwayat keluarga dengan pra-eklampsia, obesitas dan wanita hamil dengan kehamilan kembar.

Mudah saja jika ibu hamil tidak ingin terkena Preeklampsia. Begini Cara Mencegah Preeklampsia Pada Ibu Hamil, kuncinya, Anda harus rajin mengkonsumsi probiotik. dalam sebuah penelitian dikatakan jika ibu hamil yang rajin mengkonsumsi susu, atau makanan lainnya yang mengandung probiotik akan mengurangi kemungkiann resiko ibu hamil mengalami Preeklampsia.

Dalam antisipasinya, untuk mengetahui apakah ibu terkena Preeklampsia atau tidak, biasanya dilakukan pemeriksaan sebelum kelahiran tiba. Dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan terhadap tekanan darah, jumlah urin, dan mungkin ibu juga akan diminta untuk melakukan tes darah yang dapat menunjukkan apakah ibu mengidapnya atau tidak.

Ibu hamil yang menderita Preeklampsiasebenarnya tidak perlu terlalu khawatir untuk itu, karena penyakit ini masih bisa diatasi / diobati dengan cepat.

Jika ibu hamil mengalami Preeklampsia sedang, sementara bayi belum berkembang secara penuh maka dokter akan menyarankan Ibu melakukan beberapa hal seperti:

  • Mengurangi makan garam.
  • Minum 8 gelas air putih perhari.
  • Sering melakukan pemeriksaan sebelum kelahiran.
  • Istirahat, berbaring pada sisi kiri tubuh agar janin tidak menindih urat darah.

Sementara itu penanganan Preeklampsia lainnya yang dikatakan secara holistik modern, biasanya dilakukan oleh dokter dengan menyarankan Ibu mengambil tindakan preventif dan perawatan seperti berikut:

  • Menghindari stres, karena stres dapat mengacaukan metabolisme tubuh, menurunkan sistem imun dan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Perbanyak mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, brokoli, wortel, kacang-kacangan dan juga buah-buahan.
  • Minum air putih sebanyak delapan gelas perhari.
  • Menghindari minum susu, kafein, soft drink dan junk food.
  • Ganti garam meja dengan garam laut.
  • Mengkonsumsi supleman dan vitamin.

Jadi semua ibu tentu menginginkan kehamilan yang aman serta nyaman, begitupun dengan keselamatan bayi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat ya. Untuk lebih jelasnya, Ibu dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter atau bidan Ibu.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *