Benarkah Anak Juga Mengalami Keputihan?

Topik tentang keputihan, identik dengan kaum wanita yang telah menginjak usia remaja-dewasa. Hal ini juga terjadi karena keputihan biasa muncul saat menjelang atau setelah datangnya Menstruasi. Namun, benarkah keputihan juga menyerang anak-anak? Dan apa penyebab anak mengalami keputihan?

Benarkah Anak Juga Mengalami Keputihan?

Hal ini juga dijelaskan oleh salah seorang dokter dari situs dokter online yaitu klikdokter, oleh dr. Dyan Mega Inderawati yang waktu itu menjawab pertanyaan dari forumnya dan menanyakan tentang keluarnya lendir keputihan pada anak usia 4 tahun.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya tentang keputihan yang terjadi pada anak-anak.

Sebelumnya akan lebih baik jika mengetahui tentang tanda-tanda lendir dari keputihan tersebut. Keputihan normal memiliki karakteristik lendir bening atau sedikit putih, yang tidak berbau tajam, dan tidak menyebabkan gatal. Biasanya keputihan yang tidak normal lenderinya bervolume banyak, berwarna keputihan kental seperti susu, kekuningan pekat, dan kehijauan. Jenis keputihan tersebut berbahaya karena berhubungan dengan infeksi jamur yang membahayakan organ kewanitaan.

Baca juga : Bentuk Keputihan Beserta Artinya

Pada anak-anak, keputihan juga bisa terjadi karena beberapa sebab, diantaranya :

  • Mengalami peradangan pada area kemaluannya.
  • Akibat cebok tidak bersih, terutama pada anak-anak usia sekolah yang memang diajari bercuci sendiri, namun terkadang bisa saja belum bersih seluruhnya.
  • Akibat menggaruk daerah kemaluan dengan tangan kotor.
  • Anak mempunya kebiasaan untuk menahan buang air kecil sehingga air kencing sedikit demi sedikit menetes yang menyebabkan iritasi, lembab, gatal di sekitar kemaluan.
  • Lembabnya area kemaluan karena pada umumnya anak-anak saat buang air kecil maupun besar tidak pernah terlebih dahulu mengeringkan daerah kemaluannya sehingga celana dalamnya menjadi bahas dan lembab. Nah, karena hal tersebutlah juga menyebabkan rentan terkena iritasi.

Lebih lanjut lagi yang terpenting adalah bagaimana orangtua mengajari anak untuk menjaga kebersihan daerah kemaluannya untuk mencegah keputihan. Ajarkan dia untuk membersihkan (cebok) dengan cara yang benar, mengeringkannya dan mengganti celana dalamnya saat dirasa lembab juga menjaga kebersihan tangannya. Dengan menerapkan pola kebersihan tersebut maka keputihan akan berangsur-angsur menghilang.

Jika keputihan pada anak tidak kunjung membaik, kami sarankan agar Anda segera anak ke dokter spesialis anak untuk mengetahui info mendetil dan pemeriksaan lengkap.

Baca juga : Mengatasi Flek Dan Bau Tidak Sedap Pada Miss V

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *