Benarkah Kopi Membantu Menurunkan Berat Badan?

Sebagian orang mengenal kopi sebagai minuman yang akan membantu lebih berkonsentrasi dan berenergi. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui hal yang satu ini, jika kopi ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Benarkah Kopi Membantu Menurunkan Berat Badan?

Kopi memiliki kandungan kafein yang akan mempengaruhi pola tidur seseorang. Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi sepanjang pagi dan siang hari, ada kemungkinan untuk Anda mengalami kesulitan tidur saat malam hari. Sedangkan, dengan pola tidur yang cukup, kopi akan membantu mengontrol berat badan.

Hal ini juga dibuktikan melalui studi yang dilakukan oleh salah satu Universitas di Chicago seperti yang dilansir laman klikdokter. Jika kebiasaan kurang tidur akan berdampak negatif pada tubuh, seperti halnya konsumsi makan yang berlebih meningkatkan risiko terkena Obesitas. Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda mulai mengatur bagaimana minum kopi yang tepat agar pola tidur tidak terganggu.

Dalam penelitian lain diketahui jika kafein dalam secangkir kopi mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh hingga 3 – 11%. Kafein juga terbukti mampu membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

Jika dikonsumsi oleh penderita Obesitas, kopi akan membantu pembakaran lemak tiap 10%. Pada orang biasa, pembakaran lemak dengan kafer
bahkan lebih besar, yaitu sebanyak 29%. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi dan kafein berlebihan karena akan menimbulkan efek samping seperti migrain, jantung berdebar dan nyeri pada ulu hati.

Baca juga : Manfaat Kopi Hijau Untuk Turunkan Berat Badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *