Benarkah Propolis Bermanfaat Untuk Kesehatan?

Mungkin diantara Anda para pengunjung website obatqncjellygamat.com, dan khususnya para pecinta Herbal telah atau bahkan sering mendengar tentang Propolis. Tahukah Anda sebenarnya apakah Propolis itu?

Menurut situs wikipedia sendiri, Propolis merupakan lem lebah yaitu suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Dikumpulkan oleh lebah untuk menutupi lubang kecil, hingga 6 milimeter, sementara untuk lubang yang lebih besar digunakan malam lebah. Warnanya tergantung sumber tumbuhannya, namun biasanya coklat tua. Propolis bersifat lengket pada suhu ruangan atau di atasnya (20 °C). Sementara jika lebih rendah, akan menjadi keras dan rapuh.

Benarkah Propolis Bermanfaat Untuk Kesehatan?

Sejarah Propolis.

Sejak tahun 350 sebelum Masehi hingga sekarang ini, Propolis digunakan sebagai salah satu bahan herba yang dapat membantu menyembuhkan beragam penyakit. Bahkan, masyarakat Yunani Kuno menggunakan Propolis untuk pengobatan seperti abses (bisul). Sementara di masyarakat belahan negara lainnya, Propolis digunakan sebagai penangkal infeksi, membantu pengobatan luka dan bahkan untuk mengobati Tumor.

Namun, tidak semua jenis Propolis sama. Propolis berbeda tiap darimana dia berasal dan jenis lebah apa yang membuat Propolis tersebut. Namun, dikarenakan dari bahan alami, khasiat dan manfaat Propolis untuk kesehatan memang telah diakui para ahli.

Dalam penelitian medispun menyebut jika Propolis memiliki kemampuan aktif dalam membantu melawan bakteri, virus, serta jamur. Selain itu, Propolis juga telah ditinjau serta diteliti dengan baik oleh para pakar dan sudah terdaftar di BPOM RI,.

Adapun beberapa kondisi yang dapat diatasi dengan Propolis, yaitu :
  • Herpes Genital.

Propolis diduga dapat membantu dalam mengobati luka herpes genital yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2. Dalam sejumlah penelitian didapat jika penyembuhan luka lebih cepat dengan Propolis setelah dibandingkan dengan pengobatan melalui oles acyclovir.

  • Luka melepuh di sekitar bibir.

Luka melepuh di sekitar bibir ini juga bisa diobati dengan Propolis. Dengan mengoleskan Propolis pada lepuh tersebut diperkirakan dapat mempercepat penyembuhan serta mengurangi rasa sakit.

  • Obat kumur.

Propolis akan membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit dan peradangan setelah operasi mulut.

Tidak hanya itu saja, manfaat Propolis juga bekerja pada beberapa kondisi diantaranya :

  • Infeksi, peradangan, dan luka.
  • Sariawan dan candidiasis mulut.
  • Infeksi bakteri Heliobacter pylori.
  • Infeksi saluran pernapasan atas.
  • Giardiasis atau infeksi usus.
  • Kanker tenggorokan dan kanker hidung.
  • Tuberkulosis.
  • Vaginitis.

Pemakaian Propolis untuk pengobatan harus diawasi dan tidak boleh sembarangan.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *