Bentuk Keputihan Beserta Artinya

Selain datang bulan, ‘tamu’ yang juga datang tiap bulannya pada wanita adalah keputihan. Munculnya keputihan bisa terjadi sebagai tanda menstruasi akan datang, atau bahkan setelah menstruasi selesai. Namun, dilihat dari jenis cairan keputihan, Anda harus teliti bahwa tidak semua jenis keputihan disebut normal, karena beberapa diantaranya bisa muncul sebagai indikasi adanya masalah dalam organ kewanitaan dll.

Bentuk Keputihan Beserta Artinya

Berikut ini untuk lebih memudahkan Anda membedakan Bentuk Keputihan Beserta Artinya, seperti yang dilansir dari laman liputan6, dengan sumber dari Lenox Hill Hospital di New York.

Berikut selengkapnya :

1. Bening.

Keputihan dengan lendir menyerupai putih telur yang mentah ini termasuk jenis keputihan normal. Cairan seperti ini akan terlihat di awal siklus Anda sampai ovulasi. Lendir keputihan normal ini memiliki ciri lengket dan membantu menarik sperma ke dalam rahim Anda.

2. Putih susu.

Hampir sama dengan jenis bening, lendir keputihan dengan cairan putih susu juga sehat. Dari tengah hingga ke akhir siklus bulanan, cairan menjadi menyerupai krim, sebagai akibat dari pelepasan progesteron. Kualitas yang kental dapat menghalangi leher rahim dan menjebak sperma di dalam. Jika Anda minum pil, cairan Anda bakal berbentuk krim sepanjang waktu.

3. Menyerupai keju cottage.

Cairan putih yang kemudian membentuk gumpalan menjadi ciri yang menunjukkan adanya infeksi jamur. Karena jamur sangat menyukai tempat-tempat hangat-hangat, gelap, lingkungan yang lembab, dan apapun yang membuat area Miss V Anda berkeringat.

Jika Anda termasuk rentan mengalami infeksi jamur, hindari menggunakan celana ketat sintetis dan legging, berolahraga tanpa mandi setelahnya, dan meninggalkan baju renang basah selama berjam-jam. Antibiotik sebenarnya juga bisa menjadi pemicu karena bisa membunuh bakteri yang baik di dalam vagina yang membuat ragi, konsumsi probiotik untuk membalikkan efeknya.

4. Terdapat darah di dalamnya.

Bercak antara periode menstruasi sangat umum ketika Anda minum pil KB. Terdapat cairan cokelat setelah periode dan inilah yang disebabkan darah kering.

Jika dalam keputihan terdapat darah, jangan khawatir. Namun jika kondisi ini berjalan terus-menerus segera kunjungi dokter kandungan agar bisa memilih kontrasepsi lain.

5. Keputihan dengan lendir kuning.

Apakah Anda mengalami keputihan dengan gatal, sakit, atau bau tak sedap? Jika iya, konsultasikan segera dengan dokter kandungan. Kondisi keputihan tersebut bisa jadi tanda adanya gonore, klamidia, atau infeksi panggul.

Catatan: Jika warna yang Anda lihat pada pakaian dalam Anda belum tentu warna cairan Anda karena teroksidasi dan berubah warna karena udara. Jika celana Anda terlihat kuning tapi cairan jernih atau seperti susu, jangan dulu panik.

6. Hijau keabu-abuan dan berbusa.

Lendir keputihan yang dipengaruhi oleh bakteri Vaginosis akan menyebabkannya disertai bau amis dan sensasi terbakar. Kondisi ini bisa dikatakan sebagai infeksi ringan mudah diobati dengan krim tertentu atau pil.

Baca juga : Penyebab Keputihan Berbau Busuk Menyengat

7. Lebih kental dibanding normal.

Cairan yang berlebihan merupakan efek samping dari IUD (alat kontrasepsi), iritasi dari Vagina yang akhirnya menghasilkan cairan lebih banyak.

Jika area Miss V gatal, mpenyebabnya adalah infeksi jamur. Penyebab umum lainnya dari cairan keputihan kental adalah kehamilan. Jumlah cairan bervariasi dari bulan ke bulan, tergantung pada keseimbangan hormon.

8. Keputihan seperti air.

Lendir keputihan yang seperti air, encer, menunjukkan adanya infeksi herpes yang disebabkan luka terbuka di dalam vagina. Anda mungkin merasa tidak nyaman dan cairan lebih banyak dari biasanya.

Posted by, Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *