Berbahayakah Jika Terjadi Flu Yang Tak Kunjung Sembuh?

Akibat perubahan cuaca yang tidak menentu seperti belakangan ini, tingkat kecenderungan orang-orang yang mengalami sakit flu menjadi lebih mudah. Flu atau influenza sebenarnya merupakan penyakit yang terjadi akibat virus dan dapat menyerang siapapun.

Berbahayakah Jika Terjadi Flu Yang Tak Kunjung Sembuh?

Sayangnya terkadang flu disepelekan, dan tidak mendapatkan penanganan khusus untuk penyembuhannya. Padahal jika Anda lihat, flu terkadang dapat bertahan dalam waktu yang lama, sampai berhari-hari dan kita malah tidak berhenti mengkonsumsi obat warung. Bila sudah begitu, itu namanya adalah flu yang berkepanjangan. Apakah flu yang tidak kunjung sembuh ini bisa diobati? Dan Berbahayakah Jika Terjadi Flu Yang Tak Kunjung Sembuh?

Menurut pakar kesehatan dr. Abrijanto SB, M.Si, beliau menyebutkan jika flu merupakan penyakit yang kerapkali terjadii pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun / rendah. Haemoplhylus influenza, adalah virus yang menyerang dan membuat kita terkena flu, baik flu ringan maupun berat. Yang menarik lainnya adalah jika seseorang cenderung menyukai gaya hidup sehat dan menerapkannya, lalu sangat menyukai olahraga, istirahat cukup, menjaga pola makan dengan baik dan mengelola stress, virus ini tidak akan mau dekat-dekat dengan kita.

Pernyataan lainnya tentang flu berkepanjangan atau yang tidak kunjung sembh juga dijelaskan oleh dr Abrijanto. Beliau mengatakan bahwa flu yang terjadi dalam waktu lama perlu diwaspadai. Efeknya bisa jadi infeksi sekunder yang membuat flu tidak mau mereda, dan akhirnya infeksi stapilococus ketika flu berkembang menjadi masalah arthritis atau bahkan myocarditis. Jika sudah begini, sudah dipastikan jika flu tidak juga sembuh, segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui bagaimana kondisi selanjutnya.

Baca juga : Obat Untuk Sakit Flu Yang Tak Kunjung Sembuh

Mengenai obat-obatan yang dijual di warung, dr. Abrijanto menjelaskan jika obat tersebut hanya berfungsi dalam menekan gejala flu, bukan berarti menyembuhkan secara total. Ditambah dengan kondisi sistem imun tubuh yang masih buruk, maka gejala tersebut bisa kambuh lagi. Cara terbaik dalam memperbaiki daya tahan tubuh dengan banyak-banyak istirahat dan mengkonsumsi makanan bergizi, terutama Vitamin C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *