Buah-buahan Untuk Penderita Stroke

Sama dengan para penderita penyakit lainnya, mereka yang sedang sakit stroke juga memerlukan asupan makanan sehat sangat diperlukan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh menjadi lebih fit dan sehat.

Salah satu makanan sehat yang dianjurkan dikonsumsi baik oleh orang sakit, terlebih oleh mereka yang sedang dalam keadaan sehat adalah buah-buahan. Buah-buahan adalah jenis makanan yang perlu dipenuhi selain sayuran, karbohidrat dan lainnya.

Penderita stroke, juga dapat mengkonsumsi buah-buahan. Selain baik, buah-buahan untuk penderita stroke berikut ini juga membantu memulihkan kondisi penderita stroke menjadi lebih sehat. Apa saja kira-kira jenis buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita stroke? Berikut selengkapnya.

Buah-buahan Untuk Penderita Stroke

— Apel dan Pir.

Dalam penelitian yang diterbitkan journal of the American Heart Association, semua jenis buah yang memiliki kulit daging berwarna terang termasuk Apel dan Pir dapat mencegah penyakit stroke, dan sangat baik untuk penderita stroke.

— Jeruk Dan Kiwi.

Buah jeruk dan kiwi sama sama memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi. Dalam 100gram jeruk mengandung 54mg Vitamin C, dan 100gram kiwi juga mengandung 100gram Vitamin C. Buah-buahan tersebut mengandung antioksidan tinggi, lutein, dan beta karoten serta kalium yang cocok untuk pendrita stroke dan sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah.

— Mangga.

Selain Vitamin C, mangga juga memiliki kandungan kalium. Kalium yang terdapat di dalam Mangga juga melimpah. Tiap 100 gramnya bahkan terkandung Kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi satu buah mangga harumanis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.

— Pisang.

Pisang merupakan salah satu buah yang telah dikenal dapat mencegah penyakit stroke. Selain mencegah, pisang juga membantu memulihkan kondisi penderita stroke. Dengan mengkonsumsi 3 pisang setiap hari dapat mengurangi resiko terkena penyakit stroke. Berdasarkan data penelitian American college of cardiology kita setidaknya membutuhkan 1.600mg kalium untuk mencegah stroke. Pisang memiliki 500mg kalium, kalium tersebut sangat dibutuhkan untuk mencegah dan mencairkan pembekuan darah sebagai penyebab stroke.

— Anggur.

Anggur juga kaya kandungan gizi yang kaya, selain daging nya mengandung kalium , bijinya mengandung endungeoned pycnogenol, zat penguat Kologen yang bermanfaat melenturkan pembuluh darah (anti aging) yang berarti secara tidak langsung mencegah terjadinya stroke. Bahkan, kulit anggur yang memiliki kandungan flavonoid yaitu zat yang mampu menghalau radikal bebas, karena kulit anggur mengandung zat oksidan lebih tinggi dibanding dengan Vitamin C.

— Kurma.

Kurma memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kurma juga ternyata memiliki kandungan gizi diantaranya 100 gram kurma mengandung Vitamin A 50 IU, tanin 0,09 mg, serta Kalium 666mg. Sementara itu, tiamin penting untuk sel-sel saraf, dan niasin yang akan menjaga fungsi normal saraf.

— Buah Bit.

Buah bit merupakan jenis tumbuhan biji-bijian yang kaya dengan kandungan gizi. Dengan meminum jus buah bit dapat menurunkan tekanan darah dan mengatasi stroke karena mengandung nitrat.

— Buah Tin.

Buah yang satu ini bahkan menjadi salah satu nama surat dalam kitab suci Al-Quran. Dan buat Tin adlaah buah yang berbuah dengan tidak mengenal musim. Walaupun saat ini mulai dibudayakan di Indonesia, sayangnya buah ini belum terlalu populer.

— Semangka.

Kemampuan buah yang banyak digemari orang-orang yaitu Semangka, mampu mengoksidasi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah. Hal inilah yang dikaitkan dengan penurunan risiko atau pencegahan serangan jantung dan stroke.

Semoga bermanfaat, salam Obat QnC Jelly Gamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *