Buah Dan Sayur Penambah Darah Alami

Sel darah merah di dalam tubuh kita memiliki fungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Untuk dapat membuat proses tersebut berjalan lancar, maka tubuh memerlukan asupan makanan yang memiliki kandungan zat-zat penting dalam memproduksi sel darah merah.

Buah Dan Sayur Penambah Darah Alami

Biasanya, kita mengenal makanan penambah darah tersebut berasal dari daging. Namun, sebenarnya asupan penambah darah / sel darah merah ini tidak hanya berasal dari daging, sebagian dari buah-buahan dan sayuran pun memiliki fungsi yang salam dalam membantu menambah sel darah.

Dilansir dari laman alodokter, berikut ini merupakan sayur dan buah yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan produksi sel darah, antara lain :

Buah Dan Sayur Penambah Darah Alami

— Bayam.

Bayam adalah sumber zat besi yang baik untuk mencegah anemia. Sebanyak 6 mg zat besi bisa Anda dapatkan dari secangkir bayam yang sudah dimasak. Anda bisa mengolah bayam sebelum mengonsumsinya karena zat besi pada bayam yang sudah dimasak lebih mudah diserap tubuh dibandingkan bayam yang belum dimasak.

— Kedelai.

Kedelai adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam proses metabolisme. Dalam 1,5 cangkir kacang kedelai terdapat 4 mg zat besi. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi tempe, tahu, dan susu kedelai.

— Plum.

Buah prune atau yang lebih dikenal sebagai plum dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi dan mencegah anemia. Plum bisa diolah sebagai jus, salad buah, atau ditambahkan pada puding dan kue.

— Alpukat.

Alpukat memiliki kadar zat besi yang tidak terlalu tinggi, tetapi buah ini mengandung folat yang cukup tinggi yang berguna untuk menambah darah. Tugas folat dalam tubuh adalah memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk pembentukan sel darah merah. Sebanyak 45 mikrogram folat bisa didapatkan dari mengonsumsi setengah cangkir buah alpukat. Wanita memerlukan sekitar 400-600 mikrogram folat per hari sedangkan pria 400 mikrogram.

— Pepaya.

Buah ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mendapatkan folat. Dalam setengah buah pepaya terkandung 58 mikrogram folat. Mengonsumsi pepaya yang dikombinasikan dengan buah-buahan sumber folat lainnya, akan memenuhi kebutuhan folat harian Anda. Dengan demikian, Anda terhindar dari anemia.

Lebih sehat dan pastinya tetap seimbangkan konsumsi makanan-makanan penambah darah diatas dengan makanan sehat lainnya. Semoga bermanfaat, salam.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.