Cara Alami Memulihkan Asam Urat Tinggi Ke Kadar Normal

Merupakan masalah besar jika asam urat di dalam tubuh termasuk pada kadar yang tinggi / berlebih. Normalnya asam urat memang akan hilang dengan sendirinya dari aliran darah ke ginjal untuk kemudian dikeluarkan bersama dengan urin. Akan tetapi akibat masalah di ginjal, kelebihan asam urat ini malah tersimpan di sendi dan menumpuk membentuk kristalisasi asam urat. Kristal-kristal yang menumpuk inilah yang menyebbakan rasa sakit dan kemudian dikenal dengan istilah Gout.

Cara Alami Memulihkan Asam Urat Tinggi Ke Kadar Normal

Saat asam urat menumpuk di dalam tubuh, dapat berakibat pada sakit kronis, pembengkakan dan nyeri di bagian sendi.

Sebelum mengobati asam urat dengan obat-obatan kimia, ada baiknya Anda mencoba Cara Alami Memulihkan Asam Urat Tinggi Ke Kadar Normal berikut ini.

1. Kurangi asupan makanan tinggi purin.

Kurangi atau sebaiknya hindari dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin. Kadar purin tertinggi terkandung dalam makanan seperti jeroan yaitu hati, ginjal, otak, lalu daging merah dan minuman beralkohol. Beberapa sayuran juga mengandung purin, seperti bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan jamur.

2. Konsumsi Vitamin C.

Meningkatkan konsumsi Vitamin C sangat penting untuk membantu mengurangi kadar asam urat berlebih di tubuh. Disarankan ahli kesehatan untuk konsumsi 1.000 mg Vitamin C di awal serangan Gout hingga rasa sakit berkurang / mereda, kemudian lanjutkan untuk mengkonsumsi Vitamin C 500-3000 mg perhari untuk pencegahan dan untuk menurunkan kadar asam urat.

3. Makan buah ceri.

Para ahli juga menyarankan agar penderita asam urat mengonsumsi buah Ceri, hal tersebut karena dikatakan Ceri dapat mengurangi kadar asam urat. Reputasi Ceri dan kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat didukung oleh studi ilmiah yang dilakukan pada tahun 2003 silam, yang telah diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

4. Minum cuka apel organik.

Cuka sari apel organik yang tinggi kalium dapat membantu mekanisme keseimbangan asam-basa tubuh Anda. Menurut The pH Miracle, walaupun ACV memiliki kandungan asam asetat, justru hal tersebutlah yang membantu untuk merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari ACV tersebut. Saat sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

5. Mulailah minum banyak air putih.

Dengan mencukupi kebutuhan minum setidaknya 8-10 gelas air putih setiap hari selain membantu tubuh mencegah dari dehidrasi juga menjaga urin agar tetap encer. Kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudah jika urin Anda encer.

Tentang asam urat lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *