Cara Menangani Lidah Tergigit Tanpa Sengaja

Saat lidah tak sengaja tergigit, periksa lukanya apakah lukanya di bagian luar saja atau cukup dalam. Apabila sampai mengeluarkan darah, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

Cara Menangani Lidah Tergigit Tanpa Sengaja

Tanpa sengaja, saat makan, berbicara terkadang kita mengalami lidah tergigit dan jika terlalu keras bisa menyebabkan rasa sakit, sariawan, hingga pendarahan. Namun, meskipun kelihatannya sepele, kondisi tersebut bisa membahayakan sewaktu-waktu.

Saat lidah tidak sengaja tergigit, sebaiknya periksakan terlebih dahulu apakah ada luka di bagian luar atau bagian dalamnya. Jika luka terlihat serius hingga berdarah, Anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini.

  • Berkumur dengan air garam.

Saat lidah mendapat luka karena tergigit, Anda bisa mengatasinya dengan berkumur air hangat yang sudah ditaburi garam. Cara ini cukup ampuh membantu Anda untuk mencegah infeksi dan membunuh bakteri yang akan mengancam luka lidah.

  • Mengompres dengan es batu.

Setelah Anda berkumur, Anda bisa memulai untuk mengompres lidah dengan es batu agar pendarahannya berhenti dan luka cepat tertutup. Rasanya ngilu mungkin akan sedikit terasa, namun cobalah bertahan sehingga luka tidak semakin banyak mengeluarkan darah.

  • Menyembuhkan luka dengan baking soda.

Anda bisa mencampurkan sedikit baking soda dengan air. Lalu aplikasikan pada bagian lidah yang terluka dengan menggunakan cotton bud. Rasanya sedikit pedih, namun lukanya akan segera tertutup dengan alami dan cepat.

  • Kompres dengan madu.

Madu alami bisa digunakan sebagai cara tercepat dan aman untuk membantu mengeringkan luka serta mencegah infeksi. Kompres luka dengan menggunakan 1 sendok teh madu yang didiamkan di mulut agar ia dapat bekerja menutup luka.

  • Tidak dulu makan-makanan pedas.

Hindari terlebih dahulu makanan pedas dan berbumbu. Makanan pedas akan berkontraksi dan membuat luka semakin meradang dan memperparah luka gigitan di lidah. Akibatnya biasanya lidah menjadi bengkak kemudian penyembuhannya lama.

Semoga bermanfaat, jika luka di lidah tidak kunjung membaik segera kunjungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *