Cara Mencegah Jet Lag Atau Mabuk Pascaterbang

Cara Mencegah Jet Lag Berdasarkan Tips Para Pramugari,- Sebagian dari orang-orang yang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, akan mengalami jet lag atau mabuk pascaterbang. Jet lag merupakan keadaan dimana tubuh mengalami gejala sementara berupa kelelahan, hingga tidak dapat tidur / tidur terganggu atau insomnia.

Gejala lainnya yang terlihat jelas dari jet lag adalah sembelit, diare, rasa kantuk yang berat, sulit konsentrasi, gelisah, mual, sakit kepala, mudah marah, dan berkeringat. Gejala ini muncul akibat gangguan jam tubuh yang membuat tubuh bingung dalam menafsirkan kondisi lingkungan.

Cara Mencegah Jet Lag Atau Mabuk Pascaterbang

Cara Mencegah Jet Lag Atau Mabuk Pascaterbang

Dilansir dari laman Dream/Travel, Anda bisa mencoba tips dalam mencegah terjadinya Jet Lag. Berikut ini diantaranya :

  • Perbanyak minum air.

Saat melakukan perjalanan dengan penerbangan, rentan membuat kondisi tubuh mengalami dehidrasi. Maka dari itu tubuh perlu asupan air minum lebih banyak. Jika tidak, tubuh akan terasa lemah, hingga menyebabkan sakit di kepala selama perjalanan berlangsung.

Penting untuk Anda ketahui jika minuman jenis kopi (dan minuman lainnya yang berkafein), juga dapat membuat tubuh Anda terasa semakin kering dan mengakibatkan jet lag semakin memburuk.

  • Jangan lupa untuk makan terlebih dahulu.

Perjalanan yang panjang di pesawat akan membuat Anda mudah kelaparan. Seperti sebagian orang yang melakukan perjalanan ke Eropa misalnya. Mereka lebih mudah terbangun saat malam hari karena kelaparan. Saat itulah sebaiknya tidak diabaikan, sebab tubuh memberikan sinyal jika waktu tersebut adalah waktu makan Anda. Untuk mengatasinya, sebaiknya makan yang cukup sebelum memulai penerbangan. Atau menyiapkan makanan ringan untuk berjaga-jaga.

  • Tidur siang saat tiba di rumah.

Setelah sampai / tiba di tempat tujuan dari penerbangan, ada baiknya untuk segera mengistirahatkan tubuh. Hal ini penting sebab, tidur merupakan cara terbaik untuk menyembuhkan kelelahan. Lakukan tidur siang dalam waktu singkat, sebaiknya jangan lebih dari dua jam.

  • Sinar matahari.

Sinar matahari adalah pengatur waktu yang paling efektif untuk membantu tubuh menyesuaikan dengan zona waktu baru. Saat mulai tidur, tubuh tetap mempertahankan rutinitas di malam hari. Sebaiknya pastikan agar kamar Anda benar-benar gelap saat tidur. Bila perlu, pakai masker mata dan telinga untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak dan biarkan sinar matahari secara alami membangunkan tidur Anda nantinya.

  • Memilih jadwal penerbangan yang terbaik.

Sebagian orang dapat tidur dengan nyenyak selama di pesawat, namun sebagian lagi tidak dapat melakukannya. Solusinya untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengambil penerbangan di malam hari. Jadi, Anda bisa langsung beradaptasi dengan jam tidur seperti biasanya. (Cara Mencegah Jet Lag).

Demikian selengkapnya mengenai Cara Mencegah Jet Lag berdasarkan tips dari pramugari. Semoga bermanfaat, salam.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.