Cara Mencegah Penyakit Demam Tifoid Saat Musim Hujan

Di musim hujan beberapa penyakit dapat menyerang lebih banyak pada beberapa orang dengan kondisi tubuh yang lemah. Salah satu penyakit yang cukup sering terjadi adalah demam tifoid.

Demam tifoid, merupakan salah satu penyakit infeksi yang terjadi di berbagai belahan negara di dunia, terutama di negara berkembang. Infeksi ini terjadi akibat bakteri yang disebut Salmonella typhi.

Berdasarkan data dari Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa sekitar 22 juta kasus baru terjadi akibat demam tifoid. Dan 200.000 diantaranya tidak terselamatkan. Kasusnya lebih banyak terjadi di wilayah Asia, terutama Asia Tenggara.

Demam tifoid selain menyebabkan demam tinggi, penyakit ini juga memiliki gejala seperti sakit kepala, diare hingga konstipasi, lemas, nafsu makan berkurang dan merasakan pegal-pegal pada otot dan persendian.

Cara Mencegah Penyakit Demam Tifoid Saat Musim Hujan

Pencegahan Demam Tifoid

Untuk pencegahan penyakit demam tifoid saat musim hujan tiba, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya :

1. Membiasakan anak-anak (karena mereka sangat rentan terhadap penyakit demam tifoid) untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air.
2. Memperhatikan apa yang menjadi jajanan si kecil. Jangan biarkan anak jajan sembarangan atau memakan jajanan yan gberasal dari tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Bila perlu buatkan dia bekal agar anak tidak jajan sembarangan.
3. Jika musim hujan tiba, jangan biarkan anak berlama-lama bermain dalam genangan air / banjir.
4. Selalu memastikan peralatan makan selalu bersih, mencucinya dengan air bersih.
5. Tidak menggunakan air sumur untuk diminum, pastikan supaya air tanah yang digunakan tidak terkontaminasi apapun, termasuk bakteri dll. Jika kurang yakin, beralih saja pada air minum kemasan.

Cara lainnya untuk mencegah demam tifoid adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi demam tifoid umumnya dilakukan pada anak-anak usia dua tahun ke atas. Jadi, jika sudah dewasa dia menjaga kebersihan dan pola hidupnya, maka demam tifoid tidak akan pernah menyerang.

Baca juga : Cara Mengobati Demam Tifoid Pada Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *