Cara Mengatasi Batuk Dan Pilek Pada Balita Tanpa Obat

Salah satu gangguan kesehatan yang banyak terjadi pada anak usia Balita (bawah lima tahun) adalah batuk dan pilek. Umumnya hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh anak yang belum terlalu kuat untuk menghalau virus dan bakteri yang berada di lingkungan sekitar serta kurangnya perhatian jika mungkin saja anak lebih banyak bermain dengan teman mereka yang sudah terlebih dahulu terkena batuk dan pilek tersebut.

Jika hal ini sudah terjadi, sebagai orangtua Anda tidak perlu terlalu panik hingga langsung melarikan anak ke dokter atau rumah sakit demi menjaga kesehatan anak tetap terjaga atau cepat sembuh dari batuk dan pilek yang terjadi. Memang diperbolehkan, tapi alangkah baiknya jika sebelum itu sebaiknya Anda lakukan perawatan sendiri dulu di rumah, untuk anak Anda. Tidak ada salahnya kan? Bahkan perawatan dirumah selalu lebih baik daripada perawatan medis di rumah sakit, apalagi ini cuman karena batuk dan pilek yang ringan.

Kali ini saya akan berbagi informasi yang tidak kalah menarik untuk Anda, sesuai judul diatas saya akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi batuk dan pilek yang terjadi pada anak balita, tanpa harus dengan obat dan pastinya mudah untuk dilakukan! Apa saja, ini dia selengkapnya!

Cara Mengatasi Batuk Dan Pilek Pada Balita Tanpa Obat

Cara mengatasi anak balita yang terkena sakit batuk dan pilek;

1. Berikan cairan yang banyak.

Jika sikecil masih minum ASI, pastikan dia minum ASI yang banyak. Taukah Anda bahwa jika didalam air susu ibu terdapat komponen yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Berikan air putih yang banyak, hindari pemberian jus buah atau minuman bersoda karena dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokanya yang sedang sakit.

2. Berikan madu pada balita diatas satu tahun.

Bayi dibawah satu tahun tidak direkomendasikan untuk diberikan madu. Madu memang bagus untuk perkembangan tubuh tapi biasanya penanganan madu pada tahap produsi madu tersebut tidak dijamin steril, sehingga berisiko diberikan kepada bayi dibawah usia 1 tahun. Beri anak bubur tim atau kukus terlebih dahulu, lalu setelahnya berikan madu tapi beri selang waktu antara 15-20 menit sebelum pemberian madu ya.

3. Hangatkan tubuh si kecil menggunakan minyak telon atau kayu putih.

Untuk menambah kenyamanan bernafas, tidurkan si kecil dengan bantal kepala yang lebih tinggi. Untuk mengurangi kekentalan lendir pada hidung, Anda dapat meneteskan larutan saline (garam steril) yang dapat diperoleh di apotek terdekat.

4. Berikan si kecil sup kaldu hangat.

Jika balita diatas 2 tahun, Anda dapat meringankan flu mereka dengan memberikan sup kaldu hangat, atau teh jahe dengan madu. Beberapa terapis herbal merekomendasikan campuran antara jeruk nipis dan madu untuk meringankan batuk sikecil. Campurkan air jeruk dan madu dengan perbandingan 1:1 berikan 1 sendok teh, 3 kali sehari setelah makan.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan ketika anak Anda mengalami batuk dan pilek. Jika batuk pilek tidak membaik dalam waktu dua pekan atau batuk menjadi sangat parah sehingga mengganggu pola makan dan tidur si kecil, apalagi disertai muntah dan demam tinggi, barulah Anda diharuskan untuk segera menemui dokter. Ciri lain yang harus diwaspadai adalah ketika Batuk yang disertai lendir atau dahak yang berwarna hijau, kuning, coklat, atau ada bercak darah pada lendirnya, dan bayi atau balita tidak mau makan dan kehilangan berat badan.

Semoga dapat bermanfaat, salam!

Cara Mengatasi Batuk Dan Pilek Pada Balita Tanpa Obat |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *