Cara Mengatasi Endometriosis Secara Alami

Banyak wanita yang cenderung terlambat menyadari gejala dari Endometriosis. Dilihat bagaimanapun, gejala dari Endometriosis sangat umum, dan mungkin saja inilah yang menyebabkan setiap wanita yang mengalami Endometriosis tidak menyadarinya karena gejala yang terlihat biasanya hanya berupa kram di perut, mirip gejala yang terjadi ketika sakit saat mentruasi.

Cara Mengatasi Endometriosis Secara Alami

Endometrium, merupakan lapisan dalam rahim yang mengandung jaringan dan kemudian ditumpahkan saat keadaan sedang dalam masa mentruasi. Biasanya dalam beberapa kasus jaringan Endometrium implan yang berada di luar rahim kemudian terus berkembang (biasanya terjadi di ivarium, tuba falopi, struktur panggul dan lainnya). Pada wanita yang memiliki Endometriosis, rasa nyeri akan selalu datang dan stagnan, terjadi kram yang sangat kuat.

Untuk pengobatan Endometriosis, biasanya dokter akan menyarankan beberapa obat yang bisa mengatasi kelainan tersebut. Namun obat saja tidak akan cukup, pasien penderita Endometriosis juga dianjurkan untuk melakukan perubahan gaya hidup yang bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko menderita Endometriosis berulang.

Dan berikut ini adalah beberapa rekomendasi tentang cara mengatasi Endometriosis secara alami.

  • Dengan mengurangi kelebihan Estrogen.

Pemicu dari kelebihan Estrogen adalah lemak. Estrogen termasuk hormon yang seringkali dapat memperngaruhi terjadinya gangguan pada Endometrium dan kemudian menyebabkan pendarahan. Cara yang paling benar adalah dengan menjaga berat badan ideal serta menghindari beberapa sumber yang dapat menyebabkan kelebihan senaywa estrogenik.

  • Dengan mengurangi stress.

Studi lain menunjukkan bahwa wanita yang mengalami peningkatan stress yang tinggi beresiko mengalami Endometriosis. Ada banyak cara untuk membantu Anda mengurangi stress, beberapa diantaranya dengan meningkatkan aktifitas fisik serta fokus dalam kesehatan emosional. Jika perlu, Anda dianjurkan melakukan meditasi setiap hari 10-15 menit. Olahraga lainnya yang bisa dikerjakan adalah berjalan, yoga dan berenang.

  • Dengan meningkatkan asupan Omega 3.

Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa Endometriosis bisa dicegah dengan meningkatkan asupan asam lemak omega 3. Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber kandungan Omega 3 diantaranya adalah tahu, kacang kedelai, salmon dan biji rami.

  • Dengan kunyit.

Salah satu rempah yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar adalah kunyit. Kunyit sudah banyak digunakan dalam beberapa ramuan tradisional seperti jamu dan obat-obatan tradisional lainnya. Kunyit menjadi pilihan alternatif lainnya untuk membantu dalam mengatasi Endometriosis karena memiliki kandungan antiinflamasi.

  • Dengan terapi Akupuntur.

Akupuntur bisa digunakan menjadi alternatif terakhir setelah beberapa cara diatas. Studi telah membuktikan bahwa dengan terapi Akupuntur, dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit di panggul akibat Endometriosis.

Semoga dapat bermanfaat, salam!

Cara Mengobati Endometriosis Secara Alami |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *