Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

Penyebab umum seseorang mengalami gusi bengkak biasanya terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan mulut. Selain itu, faktor seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis seperti permen, infeksi gusi dan gigi, alergi, pemakaian behel yang sembarangan / terlalu rapat, kurang asupan Vitamin C dan kurangnya asupan makanan sehat juga mempengaruhi penyebab terjadinya gusi bengkak.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

Ada beragam cara mengobati gusi bengkak secara alami, salah satunya dengan mengetahui Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami berikut ini.

– Menggunakan Daun Sirih.

Memanfaatkan daun sirih sebagai cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami, caranya sangat mudah. Ambil 10 helai daun sirih lalu campurkan kunyit dan garam secukupnya. Rebus ketiga bahan tersebut ke dalam air sebanyak 500cc dan biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih dan dirasa cukup, saring airnya dan gunakan sari tersebut untuk berkumur atau juga bisa diminum.

– Baking Soda.

Bahan alami kedua yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi gusi bengkak adalah dengan berkumur menggunakan Baking Soda. Ya, Baking Soda ternyata bisa jadi obat kumur yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit gusi dan mencegah tersebarnya bakteri penyebab pembengkakan gusi tersebut.

– Berkumur Air Garam.

Cara ketiga ini bisa dikatakan sebagai cara paling sederhana untuk mengatasi gusi bengkak. Dengan berkumur air garam, efeknya akan sangat bagus untuk meredakan pembengkakan gusi karena bahan alami garam memiliki zat antiseptik untuk melawan kuman penyebab gusi membengkak. Anda bisa berkumur dengan air garam sebanyak 2-3 kali sehari yang dilanjutkan berkumur dengan memakai air bersih. Lakukan secara teratur sampai dirasa gusi tidak membengkak lagi.

– Lada Hitam Dan Minyak Cengkih.

Campuran antara Lada Hitam dan Minyak Cengkih adalah bahan alami yang dipercaya juga ampuh mengatasi pembengkakan gusi. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak cengkih dengan sedikit lada hitam pada area gusi yang membengkak.

Selain dengan bahan-bahan alami, cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gusi membengkak adalah dengan melakukan pijatan gusi. Pijatan gusi sangat mudah untuk dilakukan. Pertama, Anda bisa menggunakan jari telunjuk Anda untuk menekan / memijat gusi yang membengkak dengan gerakan melingkar. Pastikan tangan sudah terlebih dahulu bersih ya sehingga tidak ada bakteri lain pada mulut nantinya. Selain itu dengan menggosok gigi secara teratur juga dapat membantu menyembuhkan pembengkakan pada gusi. Awali dengan dua sampai tiga kali menggosok gigi setelah sehabis makan.

Semoga tips diatas bermanfaat, salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *