Cara Mengobati Penyakit Kaki Gajah Serta Tips Pencegahannya

Cara Mengobati Penyakit Kaki Gajah Dan Pengobatannya,- Penyakit Kaki Gajah berasal dari cacing/parasit yang mengingeksi darah, dan berasal dari nyamuk terutama lalat hitam. Penyakit kaki gajah memang bukan termasuk penyakit mematikan, akan tetapi dampak yang disebabkan oleh penyakit ini akan menganggu aktivitas keseharian penderitanya dan menjadi hal yang dirasa memalukan bagi penderitanya.

Tidak hanya di Indoensia, secara menyeluruh penyakit kaki gajah di derita hingga 1,23 miliar orang didunia. Di Indonesia, penyakit ini hampir ditemukan sebanyak 13.000 kasus di tahun 2015 lalu.

Cara Mengobati Penyakit Kaki Gajah Serta Tips Pencegahannya

Cara Mengobati Penyakit Kaki Gajah Dan Pengobatannya

Saat nyamuk menghisap parah seseorang yang telah mengandung cacing filaria, maka cacing tersebut akan ikut terinfeksi oleh nyamuk. Setelah itu, nyamuk yang sudah terinfeksi ini kemudian menggigit orang lain, larva dari cacing akan tertular kembali dan kemudian tinggal di pembuluh getah bening orang lain tersebut.

Di dalam pembuluh getah bening nantinya cacing filaria atau cacing penyebab Kaki Gajah akan berkembang biak. Cacing dewasa dapat hidup selama 7 tahun lamanya dalam pembuluh getah bening.

Adapun gejala dari penyakit Kaki Gajah dapat terlihat dari tanda-tanda yang terbagi kedalam beberapa fase.

Fase tanpa adanya gejala. Saat pertama kali seseorang terinfeksi cacing / parasit filaria, mereka tidak akan langsung menunjukkan gejala. Namun, dalam fase ini sudah terjadi kerusakan di sistem aliran getah bening dan limpa, seiring dengan terjadinya perubahan di sistem kekebalan tubuhnya.

Fase akut. Merupakan fase dimana gejala menunjukkan adanya peradangan di kulit penderita, gangguan di kelenjar getah bening dan kaki membengkak. Hal ini terjadi akibat respon dari sistem kekebalan tubuh terhadap parasit yang menginfeksi. Tanda-tanda lainnya yang akan terlihat adalah demam, bengkak di tungkai kaki dan kantung buah zakar.

Fase kronis. Dalam fase kronis, pembengkakan di jaringan limfa serta kulit yang menebal di kaki dan buah zakar akan terjadi. Pada wanita, kondisi ini ditandai dengan pembengkakan organ kelamin serta payudara.

Cara Mengobati Penyakit Kaki Gajah yang direkomendasikan dokter, biasanya dengan meminum beberapa jenis obat. Diantaranya adalah obat antiparasit seperti ivermectin dan albendazole bersamaan dengan diethylcarbamazine citrate. Obat-obatan tersebut secara efektif akan membantu membersihkan darah yang terinfeksi dari parasit, sekaligus mencegah penularan kaki gajah.

Penanganan operasi dilakukan jika infeksi menyebabkan pembengkakan pada zakar dan mata.

Cara Mengobati Penyakit Kaki Gajah lainnya kami rekomendasikan dengan obat herbal QnC Jelly Gamat. Obat QnC Jelly Gamat disini akan membantu meredakan peradangan serta infeksi yang diakibatkan oleh parasit tersebut.

Semoga artikel berikut diatas bermanfaat untuk Anda. Salam.

Baca artikel kami sebelumnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.