Cara Mudah Terhindar Dari Resiko Terkena Stroke

Penyakit Stroke, yang dapat menyerang kapan saja dan siapa saja, baik pada mereka yang maish belia, juga orang dewasa. Namun, dalam sebuah studi yang dilakukan selama kurang lebih 10 tahun, dilakukan penelitian yang melibatkan 30.000 wanita, menemukan fakta bahwa mereka yang menjaga pola makan sehat, rutin melakukan oleharaga, menghindari kebiasaan merokok, dan hanya mengkonsumsi minuman beralkohol sesekali ternyata memiliki resiko sebanyak 54% lebih rendah untuk mengalami stroke. Sebaliknya, para wanita yang tidak memperhatikan hal-hal yang disebutkan tadi, beresiko lebih tinggi untuk mengalami stroke.

Cara Mudah Terhindar Dari Resiko Terkena Stroke

Sebenarnya, selain menjaga pola hidup sehat, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko terkena Stroke. Berikut adalah Cara Mudah Terhindar Dari Resiko Terkena Stroke seperti yang dikutip dari laman Good Housekeeping,

1. Perhatikan angka kadar gula darah serta tekanan darah Anda.

Jila Anda memiliki Diabetes atau dokter yang telah memperingatkan bahwa Anda sudah dalam kondisi pradiabetes, pastikan agar Anda mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Begitupun dengan tekanan darah, idealnya kurang dari 140/90 dan kadar kolesterol di bawah 100.

2. Konsumsi lemak baik.

Para peneliti Spanyol yang melakukan studi penting dalam penemuannya, mengungkapkan jika diet Mediterania yang berbasis tumbuhan dan ditambah dengan minyak zaitun murni atau kacang-kacangan seperti walnut, heazelnut, dan almond memangkas resiko penyakit jantung dan stroke hingga 30% dibandingkan diet rendah lemak.

3. Mengkonsumsi buah jenis sitrus dan cokelat.

Asupan tinggi flavanoid yang paling banyak ditemukan pada buah-buahan jenis sitrus, dapat mengurangi resiko dari penyakit stroke iskemik sampai 19%. Buah-buahan jenis tersebut juga berkemungkinan mengurangi inflamasi dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Sementara studi lain yang melibatkan 21.000 orang di Inggris menungkap, mereka yang telah mengonsumsi 100gram cokelat beragam jenis setiap harinya, memiliki resiko 25% terhindar dari masalah kardiovaskular termasuk stroke.

4. Mencari pertolongan saat depresi.

Mengalami depresi dalam jangka panjang diketahui dapat meningkatkan resiko dari penyakit stroke hingga 2 kali lipat pada individu di atas 50 tahun. Hal ini juga berkaitan dengan kebiasaan kesehatan, inflamasi, peningkatan tekanan darah, serta perubahan biologis lainnya.

Demikian selengkapnya tentang cara-cara agar terhindar dari serangan Stroke. Selain itu, dengan mulai mengubah pola hidup menjadi lebih sehat juga akan membawa dampak baik dan terhindar dari beberapa resiko penyakit berbahaya yang dapat terjadi kapan saja.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *