Cara Yang Dianjurkan Untuk Mengatasi Pengapuran Tulang

Tidakkah Anda tahu bahwa selama ini pengapuran tulang terlanjur dianggap sama dan identik dengan pengeroposan tulang. Meskipun begitu, ternyata keduanya jelas berbeda.

Pengeroposan tulang terjadi akibat kepadatan tulang berkurang, atau dalam istilah medis kondis ini dinamakan Osteoarthritis.

Cara Yang Dianjurkan Untuk Mengatasi Pengapuran Tulang

Osteoarthritis adalah sebuah kondisi dimana pengapuran tulang dan sendi terjadi. Hal ini berkaitan dengan adanya peradangan pada sendi, akibat bantalan pada ujung tulang yang menipis seiring waktu. Jadi, kerusakan yang terjadi tepat berada di sendi dan pada bagian tulang sekitar sendi.

Faktor penyebab Osteoartritis

Penyebab kerusakan sendi dan area sendi yang dikenal sebagai Osteoartritis ini masih belum dapat dipastikan secara pasti. Walaupun begitu, ada beberapa faktor resiko yang berperan besar meningkatkan seseorang berisiko terkena Osteoarthritis. Faktor usia diantaranya, memengaruhi kemungkinan seseorang terkena pengapuran tulang atau Osteoarthritis. Kaum wanita juga dianggap lebih berisiko dibandingkan pria. Sayangnya, belum ada penjelasan memuaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Biasanya, dampak dari pekerjaan seseorang yang memungkinkan sendi mendapat tekanan berlebih dalam jangka waktu lama. Osteoartritis juga dapat terjadi akibat cedera akibat pekerjaan, yaitu pekerjaan yang memerlukan gerakan berulang-ulang pada sendi tertentu. Cedera sendi akibat berolahraga dan kecelakaan lalu-lintas juga meningkatkan resiko. Faktor lainnya seperti obesitas, yang menyebabkan adanya beban berlebih pada sendi-sendi penahan berat tubuh, juga meningkatkan resiko terkena Osteoarthritis. Selain itu, kondisi medis lainnya yang dapat menyebabkan Osteoarthritis adalah penyakit Diabetes dan Rematik.

Cara Yang Dianjurkan Untuk Mengatasi Pengapuran Tulang
Mengatasi sendiri.

Beberapa hal terkait gaya hidup bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan, diantaranya :

  • Mengurangi berat badan. Sendi yang mengalami tekanan berlebih, dapat memperburuk pengapuran tulang yang diderita. Solusinya adalah dengan mengurangi tekanan yang diderita dengan menurunkan berat badan.
  • Berolahraga. Olahraga secara teratur sangat penting dilakukan untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Hal ini akan membuat sendi menjadi lebih stabil, sehingga dapat mengurangi tingkat Osteoarthritis yang diderita. Pastikan untuk tetap berolahraga namun tidak berlebihan.
  • Menggunakan air dingin atau panas. Saat kondisi Osteoarthritis menimbulkan rasa sakit, cobalah untuk menggunakan air panas atau dingin untuk meringankannya. Air panas berperan untuk melemaskan otot, sedangkan air dingin dapat meredakan kejang otot dan nyeri.
  • Dengan obat pereda rasa sakit. Pemakaian obat pereda rasa sakit berupa krim atau gel, dapat diperoleh di toko obat. Krim atau gel pereda rasa sakit cocok dipakai pada sendi yang dekat dengan permukaan kulit, seperti persendian pada lutut dan jari-jari.
  • Memakai alat bantu. Alat bantu juga akan bisa dibutuhkan untuk memudahkan penderita pengapuran tulang dalam beraktivitas. Untuk mendapatkan alat bantu yang tepat, konsultasikan kepada dokter atau ahli terapi.
Dengan Obat dan Terapi.

Selain dengan tindakan mandiri di atas, Anda juga memerlukan obat pereda nyeri seperti Acetaminophen atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Tidak hanya itu, beberapa saran berikut dianjurkan dokter untuk mengatasi pengapuran tulang.

  • Melakukan terapi fisik. Terapi fisik dalam bentuk penguatan otot didedikasikan agar penderitanya mampu meningkatkan aktivitas gerak serta mengurangi rasa sakit. Terapi ini diberikan oleh ahli dengan tujuan memperkuat otot-otot di sekitar sendi yang mengalami penipisan.
  • Terapi okupasi. Terapi okupasi bertujuan agar kegiatan sehari-hari dan bekerja mampu dilakukan tanpa memperburuk kerusakan sendi. Ahli terapi akan menjelaskan tentang bagaimana melakukan aktivitas sehari-hari tanpa rasa sakit berlebih akibat pengapuran tulang.
  • Sepatu khusus. Pasien akan diberi bantalan khusus di sepatunya yang mampu mengurangi rasa sakit saat berdiri atau berjalan.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *