Dampak Yang Terjadi Pada Ibu Hamil Mengidap Demam Dengue

Demam Dengue, merupakan penyakit infeksi virus dengue yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Jenis penyakit ini jika terjadi pada ibu hamil, efeknya tidak hanya terjadi pada ibu tapi juga berpengaruh pada janin di dalamk kandungan, seperti yang diungkap situs laman alodokter.

Dampak Yang Terjadi Pada Ibu Hamil Mengidap Demam Dengue

Seseorang yang menderita Demam Dengue, biasanya gejalanya dapat terlihat setelah 4 sampai 6 hari setelah terinfeksi. Gejala tersebut meliputi demam tinggi dengan suhu 38 derajat celcius atau lebih, mata terasa sakit, otot tubuh terasa nyeri, sakit kepala, muncul ruam, pendarahan ringan dari hidung dan gusi, badan lemas, mual dan muntah.

Dalam penelitian juga disebutkan jika wanita hamil yang menderita demam ini dapat mengalami penurunan trombosit. Untuk memastikannya, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan tes darah.

Ibu hamil yang menderita Demam Dengue juga memungkinkan untuk mengalami komplikasi kehamilan, salah satunya adalah Preeklampsia. Saat melahirkan, ibu hamil juga beresiko mengalami pendarahan tinggi sehingga membutuhkan transfusi darah.

Selain hal tersebut, Demam Dengue pada ibu hamil juga bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih serius yakni Demam Berdarah Dengue (DBD). Sayangnya, ibu hamil yang terjangkit Demam Dengue lebih sering untuk berkembang menjadi Demam Berdarah Dengue. Kondisi tersebut bisa saja disebabkan akibat dari menurunnya sistem kekebalan tubuh yang terjadi selama kehamilan.

Jika diatas adalah kemungkinan tentang Dampak Yang Terjadi Pada Ibu Hamil Mengidap Demam Dengue, berikut adalah dampak kemungkinan Demam Dengue yang diderita Ibu Hamil, pada bayi.

  • Memungkinkan bayi meninggal dalam kandungan.
  • Bayi lahir dengan berat badan kurang.
  • Bayi terlahir prematur.
  • Kemungkinan bayi baru bisa lahir melalui operasi caesar.

Jika ibu hamil mengidap Demam Dengue saat mendekati waktu persalinan, maka bayi yang akan segera lahir nantinya memungkinkan untuk dapat mengidap kondisi ini juga pada saat 2 minggu pertama setelah kelahirannya. Sementara itu, bayi yang terinfeksi Demam Dengue berisiko tinggi mengalami kondisi penyakit yang lebih serius.

Dampak Yang Terjadi Pada Ibu Hamil Mengidap Demam Dengue |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *