Dampak Tidur Dengan AC Menyala Sepanjang Malam Pada Tubuh

Cuaca Indonesia yang semakin panas membuat sebagian orang tidak bisa keluar rumah dan lebih menikmati berdiam diri dalam ruangan ber-AC. Bahkan saat tidur pun, sebagian orang memilih tetap menyalakan AC mereka, benar? Karena AC telah menjadi barang yang sangat diperlukan dan menjadi solusi untuk mengenyahkan hawa panas yang kita rasakan.

Dampak Tidur Dengan AC Menyala Sepanjang Malam Pada Tubuh

Selain nyaman, dan membuat tidur lebih nyenyak sepanjang malam karena kesejukannya, jangan salah AC juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Terlebih jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, lalu kemudian menggunakan AC dengan sering. Bagaimana dampak pemakaian AC yang terlalu sering ini, terlebih jika digunakan saat malam hari untuk kesehatan kita?

Dilansir dari Thehealthsite, berdasarkan penuturan dokter umum, pemakaian AC saat malam hari berdampak pada kondisi masalah kesehata, diantaranya :

  • Sakit kepala.

Saat Anda tidur dengan AC menyala, suhu ruangan bisa berada di bawah kondisi tubuh Anda. Suhu rendah ini dapat menyebabkan Anda mengalami sakit kepala, sakit punggung serta kontraksi otot.

  • Dingin.

Suhu dingin di ruangan juga dapat membuat Anda terserang flu. Maka, tak heran jika Anda bangun dengan sesekali bersin di pagi hari. Hal itu karena Anda tidur menggunakan AC dengan suhu 16 derajat celsius.

  • Kondisi kulit kering.

AC juga menyerap kelembapan dari udara maupun tubuh Anda. Tidur dengan AC menyala, dapat membuat tubuh mengeluarkan kelembapan dari kulit dan membiarkan kulit Anda terasa bersisik.

  • Kelelahan.

Anda menutup pintu dan jendela saat AC menyala agar suhu di dalam kamar tetap dingin. Namun, dengan menutup semua sumber pertukaran udara, maka artinya membatasi aliran udara segar dan mencegah sirkulasi yang baik. Kurangnya udara segar bisa membuat Anda tetap kelelahan.

  • Gangguan pernapasan.

Jika tidak membersihkan saluran AC dari waktu ke waktu, maka AC bisa menjadi tempat berkembang biak yang nyaman bagi jamur dan bakteri. Dampaknya pada tubuh Anda adalah, dengan sangat mudah mengalami masalah kesehatan di saluran pernapasan seperti kesulitan bernapas.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *