Fakta Teripang, Hewan Laut Dengan Manfaat Luar Biasa

Saat ini, teripang sudah banyak dibudidayakan di beberapa tempat. Hal ini seiring menyeruaknya fakta bahwa teripang, terlebih teripang emas memiliki kemampuan yang baik dalam membantu menunjang kesehatan manusia.

Hal ini juga terbukti dari banyaknya para ahli dari berbagai negara yang kemudian setuju untuk melakukan penelitian bersama pada teripang emas. Dan hasilnya? Mengejutkan! Di dalam satu teripang saja, ditemukan lebih dari 50 komponen aktif yang beragam mulai dari senyawa, juga kandungan nutrisi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi kita yang kurang.

Baca juga : Pendapat Para Ahli Seputar Teripang Emas

Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang hewan yang termasuk kedalam kelompok hewan invertebrata ini, berikut adalah beberapa Fakta Teripang, Hewan Laut Dengan Manfaat Luar Biasa.

Fakta Teripang, Hewan Laut Dengan Manfaat Luar Biasa

— Teripang memiliki tubuh yang bisa memanjang (silinder).
— Memiliki beragam warna yang bergantung pada spesies, teripang bisa merah, hitam, biru, hijau, coklat atau gold (emas).
— Ukuran dari teripang juga tergantung pada spesies. Spesies terkecil dari teripang bisa berukuran 0,12 inci. — Sementara spesies terbesar bisa mencapai panjang 3,3 kaki. Sebagian besar spesies biasanya memiliki panjang 3,9-12 inci.
— Tekstur dari tubuh teripang rata-rata sangat lembut walaupun mereka memiliki semacam kerangka di bawah permukaan tubuh. Skeleton biasanya terdiri dari lempengan dan duri. Struktur ini bisa terkena dan digunakan untuk melawan predator.
— Teripang memiliki teknik unik ketika mereka dihadapkan dengan bahaya. Teripang akan mengeluarkan organ internal mereka bersamaan dengan zat beracun (holothurin) terhadap pemangsa di hadapannya. Semua organ yang hilang ini kemudian akan terbentuk kembali dalam waktu 1,5 hingga 5 minggu.
— Teripang memiliki 5 baris tentakel berpasangan yang ada pada permukaan tubuhnya. Gunanya untuk bergerak dan untuk makan.
— Teripang tidak memiliki otak. Sistem saraf mereka terdiri dari cincin dan beberapa saraf. Indra mereka juga kurang berkembang.
— Teripang mampu memodulasi bentuk tubuh mereka ketika diperlukan. Mereka dapat melewati ruang yang sangat sempit sekalipun, berkat cara ini.
— Makanan teripang terdiri dari bahan organik yang membusuk di dasar laut, juga plankton. Teripang berperan penting dalam pembersihan alam dengan menghapus sisa-sisa hewan yang mati.
— Teripang dapat sering terlihat dalam koloni besar. 1000 teripang per satu meter persegi dapat ditemukan di sepanjang pantai Selandia Baru.
— Teripang adalah makhluk nokturnal (aktif pada malam hari).
— Teripang bernapas melalui anus mereka. Jaringan bercabang dari tubulus berongga menyerap oksigen dari air yang bersirkulasi melalui anus.
— Teripang juga mampu untuk self-reproduksi (mereka dapat menghasilkan keturunan tanpa pasangan). Namun, mereka lebih memilih untuk mereproduksi dengan teripang lainnya.
— Pemupukan (fusi sel reproduksi) terjadi di dalam air setelah mengeluarkan dari sejumlah besar telur dan sel sperma. — Telur yang dibuahi mengalami beberapa tahapan larva sebelum mereka berubah menjadi teripang dewasa.
— Usia teripang tergantung pada spesies. Sebagian besar spesies hidup antara 5 dan 10 tahun di alam liar.

Baca juga : QnC Jelly Gamat Obat Sariawan Panas Dalam.

Dengan mengetahui fakta tersebut, bukan tidak mungkin kan kini teripang emas memang bermanfaat baik terutama dalam bidang kesehatan? Tidak perlu khawatir karena hal tersebut juga telah dibuktikan dari berbagai penelitian yang dtelah dilakukan beberapa tahun kebelakang.

Semoga bermanfaat, salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *