Fakta Yang Salah Dari Menstruasi

Masih ada cukup banyak perempuan yang mempercayai seputar fakta Menstruasi yang beredar di masyarakat. Namun sayangnya, tidak semuanya adalah fakta benar. Sebagian lagi adalah mitos yang sampai saat ini tidak terbukti kebenarannya.

Fakta Yang Salah Dari Menstruasi

Lalu apa saja hal-hal yang dianggap benar perihal Menstruasi di masyarakat?
  • Tidak boleh minum air dingin.

Anda pasti familiar dengan hal yang satu ini. Wanita yang sedang menstruasi tidak boleh minum air dingin. Jika dilanggar, darahnya akan membeku dan membuat menstruasi tidak lancar. Hal ini benar-benar salah karena minum air dingin dan perdarahan saat menstruasi tidak memiliki keterkaitan apa-apa.

  • Tidak boleh berenang.

Berenang saat menstruasi tidak akan menyebabkan air kolam berubah menjadi darah atau mandul. Sebenarnya, larangan berenang saat menstruasi adalah karena alasan ketidaknyamanan. Kadang-kadang menstruasi menyebabkan beberapa wanita mengalami kram perut. Itulah sebabnya disarankan agar berenang tidak boleh dilakukan saat sedang menstruasi.

  • Wanita yang sedang menstruasi tidak boleh mencuci rambut.

Katanya, saat sedang menstruasi pori-pori kulit kepala terbuka lebar. Hal ini tidak benar, mencuci rambut saat menstruasi tidak akan membuat Anda sakit kepala. Bahkan kebersihan saat menstruasi akan membuat mood Anda meningkat. Keharuman dan kebersihan kulit kepala dan rambut juga akan membuat nyaman.

  • Tidak boleh olahraga.

Selama masa menstruasi, darah yang keluar biasanya hanya 30-40 ml atau sebanyak 2-3 sendok makan. Jadi, menstruasi tidak akan membuat Anda lemah hingga tidak bisa berolahraga.

  • Tidak boleh minum obat.

Minum obat saat menstruasi akan menghentikan perdarahan dan membuat wanita menjadi tidak subur. Salah besar, faktanya obat pereda nyeri atau obat jenis lainnya tidak akan menghentikan menstruasi Anda. Obat pereda nyeri justru dapat membantu Anda lebih nyaman melewati hari pertama menstruasi, saat nyeri tak tertahankan.

  • Wanita menstruasi tidak akan hamil jika berhubungan seks.

Kehamilan tetap bisa terjadi walau Anda berhubungan saat menstruasi. Namun, kemungkinannya sangat kecil. Terlebih jika siklus menstruasi Anda pendek dan tidak teratur.

  • Soda melancarkan menstruasi.

Konon katanya minum soda saat menstruasi dapat melancarkan dan mempercepat perdarahan yang terjadi. Dalam hal ini, hingga sekarang belum ada penelitian yang membuktikannya. Lancarnya menstruasi dipengaruhi oleh hormon dan faktor psikologi seseorang. Soda hanya memberikan rasa segar untuk Anda. Namun, jangan lupa, soda memiliki kandungan gula yang tinggi.

Baca artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *