Gejala Demam Rematik Yang Terjadi Akibat Radang Tenggorokan

Demam rematik ternyata merupakan salah satu komplikasi yang terjadi akibat radang tenggorokan. Demam rematik sendiri termasuk salah satu penyakit yang cukup fatal karena dapat menyebabkan rusaknya katup jantung, serangan stroke bahkan yang terburuk adalah kematian. Untuk itu, mengetahui gejala dari demam rematik sangat-sangat wajib untuk Anda ketahui.

Gejala Demam Rematik Yang Terjadi Akibat Radang Tenggorokan

Demam rematik termasuk kedalam jenis penyakit langka, semua orang bisa terkena penyakit satu ini namun demam rematik lebih banyak dialami oleh anak-anak yang berusia 5 hingga 15 tahun.

Mungkin Anda, atau siapapun tidak menyangka, dengan radang tenggorokan saja bisa menimbulkan efek terhadap penyakit lainnya yaitu demam rematik. Untuk mengetahui bagaimana gejala dari penyakit tersebut, berikut ini adalah 5 gejala dari demam rematik yang terjadi akibat radang tenggorokan, diantaranya :

  • Nyeri persendian (artritis).
  • Ruam kulit.
  • Nyeri dada atau palpitasi (jantung berdebar) karena karditis.
  • Kedutan di luar kesadaran (corea Sydenham), dan
  • Benjolan kecil di bawah kulit (nodul).

Gejala-gejala tersebut bisa menghilang dengan sendirinya dalam kurun waktu sebulan, tapi juga kadang pada beberapa pasien bertahan hingga beberapa bulan. Umumnya penanganan dilakukan dirumah sakit, tergantung kebutuhan pasien dan dokter biasanya akan memberikan obat-obatan anti peradangan untuk menghentikan radang dan menurunkan gejala yang dirasakan penderitanya. Sayangnya, menurut catatan medis belum ada obat penyembuh untuk penyakit ini, seseorang yang sudah pernah mengalami penyakit ini dapat mengalaminya kembali di masa yang akan datang. Jika kembali terulang, maka dampaknya dapat mempertinggi risiko terjadinya kerusakan jantung permanen, cukup berbahaya.

Itu dia sekilas ulasan mengenai gejala dari Demam Rematik yang bisa terjadi karena diawali dengan radang tenggorokan yang tidak menerima pengobatan semestinya. Untuk itu, jika Anda mengalami sakit apapun, termasuk sepele sebaiknya periksakan kondisi kesehatan Anda dengan baik, agar tidak terjadi komplikasi berbahaya lainnya.

Semoga bermanfaat!

Gejala Demam Rematik Yang Terjadi Akibat Radang Tenggorokan |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *