Infeksi Jamur Pada Kuku Atau Cantengan

Selamat datang kembali pada website kami, kali ini pembahasan lain seputar artikel kesehatan yang akan kami ulas untuk Anda adalah mengenai infeksi jamur pada kuku atau cantengan. Apakah Anda pernah mengalami atau sedang mengalami kondisi tersebut? Jika iya, mari simak artikel kami berikut ini secara lengkap mengenai Infeksi Jamur Pada Kuku Atau Cantengan.

Infeksi jamur pada kuku atau cantengan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak sekalipun. Kondisi ini kerapkali menganggu dan membuat kondisi kuku tidak menarik, menimbulkan rasa sakit, hingga membuat aktifitas sedikit terganggu. Penyebab infeksi jamur pada kuku atau cantengan belum sepenuhnya diketahui dengan pasti. Akan tetapi, pada orang-orang berikut ini dipastikan dapat mengalami infeksi jamur kuku atau cantengan karena beberapa hal berikut ini.

Penyebab Seseorang Mengalami Infeksi Jamur Pada Kuku Atau Cantengan.

Infeksi Jamur Pada Kuku Atau Cantengan

  • Mereka yang menggunakan alas kaki yang terlalu sempit (ketat).
  • Menggunting kuku dengan tidak tepat, misalnya kuku dipotong terlalu pendek atau terlalu melengkung.
  • Terdapat luka di jari atau kuku.
  • Terjadi infeksi jamur di kaki.
  • Selalu bekerja di lingkungan yang basah dan lembap.
  • Sering berjalan tanpa alas kaki ditempat umum, misalnya pusat kebugaran, kolam renang dan kamar mandi umum.
  • Serta faktor keturunan merupakan hal-hal yang membuat seseorang lebih berisiko mengalami infeksi jamur kuku atau cantengan.

Dalam kondisi yang parah, yang terjadi akibat infeksi jamur pada kuku atau Cantengan, dapat menyebabkan penderitanya mengalami kerusakan permanen pada kuku dan rasa sakit yang menganggu. Bahkan, jika infeksi jamur kuku ini terjadi pada penderita Diabetes, bahayanya adalah terjadi penurunan sirkulasi darah serta sensitivitas saraf di bagian kaki dan kondisi tersebut menyebabkan risiko lebih tinggi untuk penyebaran infeksi. Maka dari itu, jika terdapat infeksi ataupun luka sekecil apapun diharapkan segera memberikan penanganan atau pengobatan.

Tips Pengobatan Infeksi Jamur Pada Kuku Atau Cantengan.

Jika infeksi jamur pada kuku atau Cantengan terjadi dalam waktu kurang lebih dalam waktu 7 hari, penderita dapat melakukan pengobatan di rumah yang cukup mudah. Tips pengobatan infeksi jamur yang bisa dilakukan antara lain :

  • Merendam bagian tangan ataupun kaki yang terkena infeksi jamur pada air hangat selama kurang lebih 10 sampai 15 menit sebanyak 3 kali sehari.
    Ket:
    Air tidak perlu diberi tambahan garam, sabun, antiseptik dll.
  • Setelah itu, coba untuk mengangkat bagian tepi kuku yang menancap menggunakan cotton-bud. Jika kemudian berhasil terangkat, segera sisipkan kapas atau dental floss untuk mempertahankan bagian tepi kuku tetap terangkat. Tips ini dilakukan agar meringankan rasa nyeri yang cukup hebat. Lakukanlah dengan perlahan.
  • Bersihkan dengan mencuci kaki maupun tangan dengan air mengalir dan sabun sebanyak 2 kali sehari.
  • Keringkan dengan handuk bersih dan lakukan dengan lembut atau perlahan.
  • Hindari menggunakan sepatu yang membuat kuku jadi kaki terhimpit.

Jika keluhan akibat infeksi jamur pada kuku atau Cantengan ini tidak membalik setelah 3 hari dilakukan tips tersebut, maka sebaiknya lanjutkan berobat ke dokter.

Baca artikel kesehatan lainnya :

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan ke social media yang Anda punya agar lebih bermanfaat untuk pembaca lainnya. Salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.