Infeksi Yang Disebabkan Luka Operasi

Infeksi yang disebabkan luka setelah operasi bisa terjadi pada siapapun. Kondisi ini dapat diklarifikasikan sebagai nfeksi insisi dangkal, infeksi insisi dalam, atau infeksi organ/ruang.

Infeksi luka operasi biasanya terjadi dengan persentase kurang lebih 17% dari kasus infeksi pada orang yang dirawat di rumah sakit. Sebagian besar kasus, infeksi dapat terjadi dalam kurun waktu 2 minggu setelah operasi. Walaupun infeksi insisi dalam dan infeksi organ/ruang bisa terjadi setelah sekian lama.

Infeksi Yang Disebabkan Luka Operasi

Infeksi luka operasi, dapat terjadi pada orang-orang yang pernah menjalani operasi. Ada sekitar 2-3% dari mereka yang mengalaminya. Nah, untuk meminimalisir kondisi tersebut, silahkan diskusikan lebih lanjut dengan dokter Anda.

Gejala dari luka infeksi luka operasi, meliputi :

  • Bekas luka operasi mengeluarkan nanah.
  • Luka kembali terasa nyeri saat tersentuh/disentuh.
  • Mengalami pembengkakan, kemerahan dan terasa hangat.

Penyebab infeksi luka operasi dikaitkan dengan jenis, dan dibagian tubuh mana operasi dilakukan, berapa lama terjadi, keterampilan dokter bedah, hingga seberapa kuat dan baik sistem kekebalan tubuh seseorang untuk melawan infeksi. Saat pembedahan melibatkan beberapa organ seperti perineum, usus, sistem alat kelamin dan bakteri anaerob yang dapat berkaitan dengan terjadinya infeksi ini.

Apa saja pilihan pengobatan untuk Infeksi luka operasi?

Dilansir dari laman halosehat, jenis pengobatan yang paling penting bagi infeksi luka operasi diantaranya membuka kembali sayatan bedah untuk membersihkan material yang terinfeksi (jaringan mati dan benda asing). Kain kasa pembalut yang digunakan pada luka juga harus diganti beberapa kali dalam sehari.

Hal ini memungkinkan infeksi untuk sembuh dengan tindakan lanjutan. Kondisi ini akan membuat luka yang terbuka pulih dari bawah ke atas dengan membuat jaringan baru. Antibiotik bisa diberikan pada saat luka dibersihkan dan selama beberapa hari setelahnya. Pengobatan dapat diperpanjang jika ada tanda-tanda bahwa infeksi dapat menyebar dan terutama jika terjadi demam.

Penanganan dan pengobatan infeksi luka operasi di rumah, dengan cara :
  • Ikuti anjuran dokter, terutama tentang bagaimana merawat bekas luka operasi.
  • Mencuci tangan adalah cara yang terbaik untuk mencegah infeksi.
  • Minum antibiotik yang diresepkan sampai selesai.
  • Beritahu keluarga dan teman untuk mencuci tangan mereka dengan baik. dengan sabun dan air sebelum mengunjungi Anda.
  • Lakukan pemeriksaan lanjut dengan dokter Anda.
  • Jangan merokok.
  • Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *