Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Hidung

Penyakit hidung mungkin terlihat sepele, akan tetapi penyakit jenis ini membutuhkan perawatan sesegera mungkin karena jika tidak akan menganggu sistem pernafasan. Hidung sendiri termasuk organ yang berfungsi penting, yakni menjadi tempat keluar masuknya Oksigen serta Karbondioksida, yang juga menjadikannya rentan terhadap penyakit. Serupa dengan organ tubuh yang lainnya, hidung pun perlu kita jaga agar tetap sehat.

Penyakit yang menyerang atau terjadi pada hidung, yang paling umum adalah selesma atau influenza. Namun, tidak semua orang paham tentang jenis-jenis penyakit yang berada di Hidung, dan menganggap semuanya sama.

Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Hidung

Ada beragam jenis penyakit hidung yang harus kita ketahui perbedaannya mulai sekarang. Dan berikut ini adalah Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Hidung. Diantaranya :

— Influenza / Cold / Salesma.

Flu, pilek yang lebih dikenal masyarakat adalah penyakit hidung yang disebabkan infeksi virus pada saluran pernafasan. Influenza datang dengan tiba-tiba dan dapat berlangsung selama 7 sampai 10 hari. Biasanya hilang begitu saja tanpa perlu diobati.

— ISPA.

ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut biasanya terjadi pada organ-organ yang meliputi tenggorokan, sinus (rongga hidung), saluran udara ataupun paru-paru. ISPA terjadi akibat virus dan juga bakteri. Jika tidak segara mendapat penanganan, ISPA dapat menyebar ke seluruh sistem pernafasan. Akibatnya, tubuh menjadi tidak cukup untuk mendapatkan Oksigen karena infeksi dan kondisi ini berakibat fatal, hingga kematian.

— Rhinitis.

Rinitis alergi juga termasuk penyakit hidung yang terjadi akibat inflamasi (peradangan) yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien atopi yang sebelumnya sudah tersensitisasi dengan alergen yang sama serta dilepaskannya suatu mediator kimia. Berdasarkan WHO ARIA (Allergic Rhinitis and its Impact on Asthma) yang dirilis pada tahun 2001, Rinitis alergi  diartikan sebagai kelainan pada hidung dengan gejala bersin-bersin, rinore, gatal di hidung juga hidung tersumbat setelah mukosa hidung terpapar alergen.

— Polip.

Polip hidung termasuk gambaran pada sebuah kondisi penyakit dimana terjadi peradangan yang mengakibatkan benjolan daging atau tumor jinak bercabang pada rongga hidung, yang mengakibatkan tonjolan dan masuk dalam lumen. Penyakit ini menyebabkan terganggunya proses pernafasan. Dan karena itulah, kondisi ini dinamai sebagai polip hidung.

— Anosmia.

Anosmia adalah sebuah kondisi yang menggambarkan indera penciuman kita yaitu olfaktori mengalami gangguan hingga tidak dapat berfungsi sama sekali. Anismia dapat bersifat sementara hingga permanen, dan juga berpotensi mengakibatkan gangguan pada indera pengecap di lidah.

Jadi sekali lagi, walaupun penyakit yang terjadi pada hidung terlihat sepele dan mudah, jangan beranggapan jika semua penyakit di hidung bisa sembuh dengan sendirinya. Periksakan kondisi lebih lanjut pada dokter. Semoga bermanfaat, salam!

Posted by Obat QnC Jelly Gamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *