Jenis Makanan Sehat Untuk Mengatasi Sembelit

Karena sembelit termasuk masalah kesehatan yang cukup membuat penderitanya menderita, maka dari itu tindakan pengobatan dari sembelit tidak boleh ditunda lagi.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi sembelit, bahkan bisa dilakukan tanpa obat. Caranya? Mudah kok. Jika Anda mengetahui bahwa terdapat beberapa makanan yang ampuh dalam mengatasi sembelit. Makanan-makanan tersebut bisa Anda konsumsi dalam waktu beberapa hari saat-saat sembelit masih terjadi. Makanan apa yang bisa membantu mengatasi sembelit? Ini dia Jenis Makanan Sehat Untuk Mengatasi Sembelit.

Jenis Makanan Sehat Untuk Mengatasi Sembelit

1. Jenis kacang-kacangan dan biji-bijian.

Tahukah Anda jika kacang-kacangan dan biji-bijian termasuk jenis sumber makanan bergizi yang memiliki kandungan serat baik. Makanan dengan kandungan serat adalah jenis makanan yang sangat membantu dalam mengatasi sembelit atau susah buang iar besar. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda kemudian mengkonsumsi kacang merah, kacang lentil, kacang panjang, kacang almond, kacang mente, kacang tanah/kulit, dan kacang polong. Sebaiknya imbangi konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian dengan konsumsi air putih yang cukup.

2. Ubi jalar.

Makanan lainnya yang dapat membantu mengatasi sembelit adalah ubi jalar. Kandungan serat di dalam ubi jalar juga termasuk tinggi jadi tidak ada alasan untuk menolak ubi jalar sebagai salah satu makanan yang dapat mengatasi sembelit. Ya, keunggulan lainnya dari ubi jalar adalah makanan ini memiliki kandungan Vitamin A dan beta-karotin. Dikonsumsi seperti apapun tidak masalah, karena kandungan manfaat di dalamnya tidak mudah hilang.

3. Buah apel dan pir.

Ketika melihat buah apel dan pir, yang terbayang adalah kandungan air di dalamnya yang menyegarkan, juga rasa manis dari kedua buah tersebut. Namun mungkin Anda belum mengetahui bahwa baik buah apel dan pir, keduanya mmeiliki kandungan serat tinggi. Apel dan pir ini menyediakan 3 hingga 4 gram serat yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

Selain baik dalam melancarkan sistem pencernaan, buah ini juga ampuh mengobati diare. Manfaatnya baik dalam melancarkan pembuangan feses dari sistem pencernaan dan mengatasi sembelit. Jika Anda diare, fungsinyaakan beralih untuk membuat feses menjadi lebih padat.

4. Brokoli.

Sayuran yang satu ini selain unik, juga memiliki kandungan serat tinggi yang baik dalam mengatasi sembelit. Selain itu, sayuran yang berasal dari jenis tanaman crucifera satu ini akan sangat bermanfaat baik jika dikonsumsi secara rutin dan akan memberikan manfaat seperti meningkatkan sistem imun, juga mencegah kanker.

5. Beragam jenis beri.

Buah-buahan dari jenis beri-berian adalah sumber serat yang baik. Buah-buahan jenis beri diantaranya Strawberry, Blueberry, Blackberry serta Raspberry.

6. Buah-buahan kering.

Jika Anda terbiasa mengkonsumsi buah-buahan kering, maka hal ini juga sangat bagus untuk Anda mencegah gangguan sembelit. Buah-buahan yang dikeringkan dan bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit, diantaranya Kurma, Kismis, Buah Ara, Prum/Prem, dan Pisang.

7. Oat dan Gandum.

Selain bernutrisi tinggi baik oat dan gandum keduanya juga membantu dalam melancarkan sistem pencernaan.

Tips mencegah sembelit; Jika Anda ingin terhindar dari Sembelit, sebaiknya segera mengubah pola makan Anda dan penuhi tiap-tiap asupan makanan yang baik dengan gizi dan nutrisi. Selain itu penuhi kebutuhan cairan tubuh dan jangan sampai kekurangan cairan.

Baca juga : Obat Tradisional Sembelit Yang Aman Untuk Semua Usia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *