Jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin D Alami

Seperti yang kita tahu, jika sumber Vitamin yang dibutuhkan tubuh paling mudah adalah dari konsumsi makanan tertentu yang memiliki kandungan Vitamin alami di dalamnya. Hal ini juga berlaku bagi jenis-jenis makanan yang menjadi sumber Vitamin D alami.

Vitamin D, bagus untuk mencegah penyakit pengapuran tulang seperti Osteoporosis. Selain itu, Vitamin D juga baik untuk mengurangi resiko terhadap penyakit Hipertensi, Jantung, Depresi hingga kanker. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D setiap harinya.

Selain baik untuk tulang, Vitamin D juga menjaga agar kadar fosfor dan kalium dalam darah. Tidak perlu menunggu lebih lama lagi, berikut adalah beberapa Jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin D Alami yang bisa jadi pilihan untuk Anda mendapatkan asupan Vitamin D dengan mudah.

Jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin D Alami

  • Jamur.

Vitamin D alami bisa ditemukan pada jamur. Sama dengan manusia, jamur memproduksi Vitamin D dari paparan sinar UV sehingga terbentuklah Vitamin D di dalamnya. Untuk mendapatkan Vitamin D dari jamur, Anda bisa mengonsumsi aneka jenis jamur yang dijual di pasar ataupun supermarket. Dalam 3 ons jamur jenis Portobello misalnya, setidaknya terkandung 400 IU Vitamin D.

  • Salmon.

Salmon adalah salah satu ikan dengan kandungan Vitamin D alami, sumber protein, juga kaya akan kandungan Omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, sebuah organisasi kesehatan menyebut jika 3 ons ikan salmon yang telah diolah mengandung sekitar 447 IU Vitamin D. Ikan lain yang juga memiliki kandungan Vitamin D sama tingginya dengan Salmon di antaranya ikan tenggiri, ikan sarden, dan ikan todak atau swordfish.

  • Udang.

Pada satu porsi udang, setidaknya terkandung 152 IU Vitamin D. Udang termasuk rendah lemak sehingga masih bisa dibilang aman untuk dikonsumsi. Kandungan lain yang terdapat pada udang selain Vitamin D, di antaranya adalah Protein, Tembaga, dan Yodium, Vitamin B2 dan juga fosfor.

  • Tuna kemasan.

Selain ikan segar, ikan tuna dalam kemasan juga bisa jadi pilihan sebagai makanan sumber Vitamin D alami. Pada 100 gram tuna kalengan, terdapat 236 IU Vitamin D. Namun, saat memutuskan untuk mengonsumsi tuna jenis ini, perhatikan jenis tuna agar terhindar dari tuna kalengan yang mengandung merkuri. Disarankan untuk memilih tuna dalam kemasan dengan label “light” atau batasi konsumsi tuna jenis ini setidaknya 200 gram dalam seminggu.

  • Kuning telur.

Kuning telur adalah salah satu makanan sumber alami Vitamin D yang bisa di dapat dengan mudah. Dalam satu buah kuning telur, terdapat sekitar 40 IU Vitamin D. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan Vitamin D dari telur, jangan konsumsi secara berlebihan, karena dalam satu telur beserta putih telurnya, sekiranya mengandung 200 miligram kolesterol. Organisasi kesehatan juga tidak menganjurkan konsumsi telur lebih dari 300 miligram perhari demi kesehatan jantung Anda.

Baca juga : Jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin E Alami

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *