Jenis Minuman Yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung

Asam lambung termasuk masalah kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja. Saat asam lambung terjadi, artinya Anda harus menata ulang kembali bagaimana pola makan yang baik dan sehat. Hal ini dikarenakan gangguan dari gejala asam lambung yang kambuh bisa terjadi akibat konsumsi makanan bahkan minuman tertentu.

Jenis Minuman Yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung

Penting bagi penderita asam lambung mengetahui apa saja makanan dan minuman yang boleh juga tidka boleh atau dibatasi konsumsinya agar tidak menyebabkan asam lambung naik. Untuk kali ini, kami akan berbagi informasi seputar Jenis Minuman Yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung berikut ini.

1. Teh herbal.

Minuman teh herbal bisa dijadikan sebagai solusi terbaik saat asam lambung Anda sedang naik. Teh herbal akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan meredakan rasa mual yang Anda rasakan. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua teh herbal boleh Anda konsumsi. Pilihlah teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice. Teh licorice alias akar manis akan bermanfaat sebagai meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga terlindungi dari iritasi akibat asam lambung. Cara membuatnya juga cukup. Seduhlah satu sendok teh herbal ke dalam satu cangkir air panas, lalu diamkan selama 5 sampai 10 menit. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, minum sebanyak dua sampai empat cangkir teh herbal setiap hari sambil beristirahat.

Jenis teh herbal yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah teh yang berasal dari daun peppermint. Hal ini dikarenakan peppermint memiliki efek dalam memicu refluks asam lambung bagi beberapa orang yang sistem pencernaannya cenderung sensitif.

2. Susu rendah lemak atau susu skim.

Penderita asam lambung pada umumnya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi susu sapi. Hal ini dikarenakan kandungan lemak tinggi pada susu sapi termasuk kategori yang sulit dicerna. Alasan lainnya adalah karena kandungan lemak pada susu sapi dapat melunakkan katup atau sfingter esofagus dan membuka jalan bagi asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

Disarankan, jika Anda ingin tetap minum susu, pilihlah susu rendah lemak atau susu skim agar lebih mudah dicerna. Dengan begitu, katup kerongkongan (sfingter esofagus) akan tetap aman saat menahan asam lambung naik.

3. Jus.

Jenis buah-buahan sitrus seperti jeruk, nanas, atau apel ternyata sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan jenis buah-buahan tersebut dapat memicu asam lambung naik. Untuk tetap mendapatkan nutrisi dari buah dan sayur, penderita asam lambung disarankan mengkonsumsi sayur dan buah yang rendah kandungan asamnya, seperti wortel, bayam, mentimun, atau lidah buaya. Selain itu, Anda juga bisa membuat minuman segar dari buah yang aman untuk penyakit asam lambung, seperti buah bit, semangka, dan buah pir.

4. Susu nabati.

Susu nabati termasuk salah satu minuman yang baik diminum oleh penderita asam lambung. Jenis susu nabati yang dapat dipilih di antaranya adalah susu kedelai, susu almond, dan susu kacang mede.

Seperti susu almond, mengandung sifat basa yang dapat membantu menetralkan cairan asam lambung dan meredakan gejalanya. Sementara susu kedelai dinilai sebagai minuman untuk asam lambung yang paling aman. Hal ini dikarenakan kandungan susu kedelai memiliki lebih sedikit lemak dibandingkan jenis susu lainnya sehingga dapat mencegah naiknya asam lambung.

5. Smoothie.

Smoothie juga bisa disebut sebagai minuman yang baik untuk asam lambung. Selain karena mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, minuman ini juga tidak membuat asam lambung Anda cepat kambuh.

Saat Anda membuat smoothie, gunakan buah yang tidak mengandung banyak asam, seperti buah pir atau semangka. Anda juga mencampurkannya dengan bayam agar semakin ampuh menjaga kadar asam lambung Anda tetap normal.

6. Air kelapa.

Air kelapa memiliki kandungan tinggi kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Dengan begitu, kadar asam lambung Anda menjadi lebih mudah dikendalikan dan mengurangi risiko refluks asam lambung.

7. Air putih.

Rutin minum air putih termasuk cara paling sederhana untuk mencegah asam lambung kambuh. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati saat minum air putih. Kebanyakan pH air cenderung netral atau mencapai angka 7. Hal ini karena tidak menutup kemungkinan bahwa air putih dapat meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang Anda konsumsi.

Meski Anda dianjurkan untuk minum air putih, Anda tetap perlu membatasi air putih yang Anda minum. Terlalu banyak minumjuga memiliki efek berbahaya yang dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh dan meningkatkan kemungkinan terjadinya refluks asam lambung. Jika Anda masih bingung harus seberapa banyak minum air putih, segera tanyakan ke dokter.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.