Jenis Mioma Yang Menyebabkan Sulit Hamil

Menemukan artikel menarik tentang Mioma, saya akan berbagi sedikit pengenalan mengenai jenis Mioma yang ternyata dapat membuat wanita sulit hamil.

Seperti dilansir dari situs tabloid-nikita, pembahasan Mioma yang dapat menyebabkan kesulitan hamil ditanyakan oleh salah seorang pasien terhadap salah satu dokter. Berikut adalah pertanyaannya.

“Dokter Judi, saya (35) punya miom. Apakah saya bisa hamil? Saya termasuk telat menikah. Lalu apakah aman untuk hamil? Mohon penjelasannya. Terima kasih, Dokter Judi.” (Beby – Luwuk, Sulawesi Tengah)

Apakah hamil dengan kondisi terdapat Mioma atau Miom aman? Apa Jenis Mioma Yang Menyebabkan Sulit Hamil? Ini dia jawabannya.

Mioma uteri diketahui sebagai salah satu jenis tumor jinak yang letaknya berada pada otot rahim, atau Miometrium. Tempat lainnya yang bisa tumbuh Mioma adalah permukaan rahim atau Mioma Subserosum, bagian tengah otot rahim atau Mioma Intramural, atau di salah satu bagian yang mendesak ke rongga rahim, Mioma Submukosum.

Jenis Mioma Yang Menyebabkan Sulit Hamil

Pada kasus yang paling banyak terjadi, kesulitan hamil diakibatkan oleh Mioma Submukosum, karena Mioma yang berada di bagian yang mendesak ke rongga rahim ini menyebabkan kerusakan pada selaput lendir rahim dan rongga rahim.

Untuk mengetahui kondisi selanjutnya, sebaiknya lakukan pemeriksaaan ulang ke dokter ahli. Kemudian tanyakan dimana lokasi dari Mioma uteri serta berapa jumlahnya, karena bisa tumbuh lebih dari satu. Jika jumlahnya banyak, dapat berisiko menimbulkan kerusakan pada rongga rahim dikarenakan penekanan yang terjadi terhadap saluran telur sehingga terjadi penyumbatan. Biasanya untuk menghilangkan Mioma ini, diperlukan langkah operasi / Miomektemi dengan pembedahan pada perut melalui proses laparoskopi operatif.

Baca juga : Cara Mengobati Tumor Mioma Selain Operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *