Jenis Penyakit Menular Yang Tidak Kita Sadari

Siapapun yang tengah dalam kondisi sakit, pasti sangat menginginkan tubuhnya kembali sehat. Karena apa? Saat sakit, kita biasanya tidak dapat melakukan apapun, tidak bisa merasakan rasa makanan dan minuman, lemas sepanjang hari dan harus mengkonsumsi obat-obatan yang kadang kita sangat membencinya, benar kan?

Untuk itu sangat penting agar menjaga kesehatan. Mulai dari menjaga pola makan, tidur teratur, sempatkan untuk berolahraga bisa dimulai dari sekarang. Saat tubuh sehat bugar, beragam kondisi seperti perubahan cuaca ekstrim yang membuat seseorang / siapapun mudah terjangkit penyakit, Anda tidak akan mengalaminya dan tidak akan tertular dari orang-orang disekitar Anda. Itulah mengapa kesehatan, dan gaya hidup sehat sangat diperlukan.

Contoh penyakit seperti flu dan batuk, juga diare adalah penyakit umum yang kita ketahui sebagai penyakit yang mudah menular. Namun selain penyakit tersebut, Anda mungkin belum mengenal jika kelima jenis penyakit dibawah ini juga ternyata dapat menular! Apa saja? Ini dia selengkapnya.

Jenis Penyakit Menular Yang Tidak Kita Sadari

1. Penyakit mulut.

Anda mungkin tidak akan menyangka jika penyakit mulut termasuk kategori penyakit menular. Jika Anda, atau pasangan sedang menderita penyakit mulut dan tanpa sengaja ataupun disengaja berciuman, maka pertukaran bakteri yang dapat menyebabkan sariawan, radang gusi, dan gigi berlubang tidak dapat dihindari. Oleh karenanya, saat Anda sedang menderita penyakit mulut, sebaiknya tidak melakukan kontak oral apapun dengan orang terdekat.

2. Kanker.

Beberapa jenis dari Kanker diantaranya dapat menular. Hal ini dikarenakan umumnya Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HPV yang kemudian menular melalui kontak seksual. Beberapa jenis Kanker yang menular antara lain Kanker mulut, Kanker tenggorokan, Kanker rahim, Kanker penis dan Kanker anus.

3. Demam Scarlet (Scarlet Fever).

Demam Scarlet adalah penyakit demam, yang disertai kemunculan ruam kulit akibat dari racun yang disebabkan oleh mikroorganisme penyebab radang tenggorokan. Demam Scarlet juga membuat penderitanya mengalami gejala seperti demam, sakit tenggorokan, dan memiliki ruam selama seminggu. Demam Scarlet juga bisa menular dan pengobatannya dilakukan dengan pemberian antibiotik.

4. Impetigo.

Impetigo adalah masalah kesehatan yang ditandai dengan infeksi kulit,  yang disebabkan oleh radang bakteri. Gejala awal dari Impetigo biasanya dimulai dengan serangan bakteri pada lapisan atas kulit yang kemudian akan masuk ke dalam dermis dan menyebabkan munculnya bisul serta jaringan parut di kulit. Impetigo biasanya cukup diobati dengan krim antibiotik. Namun jika parah, pengobatan Impetigo dilakukan melalui antibiotik oral.

5. Jamur kaki.

Serangan penyakit jamur kaki biasanya disebabkan oleh jamur Trichophyton. Jamur kaki tersebut muncul saat tidak memakai alas kaki di tempat-tempat umum yang tidak bersih.

Serangan dari virus, kuman dan bakteri penyebab penyakit menular memang tidak dapat kita prediksi, namun cara pencegahan agar Anda terhindari dari ancaman penyakit menular adalah dengan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat dengan perbanyak konsumsi makanan seperti sayuran, buah-buahan dan juga Vitamin C.

Semoga bermanfaat, salam!

Posted byObat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *