Jenis Rempah Yang Bagus Untuk Mengatasi Peradangan

Pernah mengalami sakit radang sebelumnya? Sebenarnya, apa sih peradangan itu? Dan bagaimana peradangan bisa terjadi?

Peradangan, atau dalam istilah medis disebut inflamasi, merupakan sebuah respin alami untuk tubuh saat mengalami infeksi atau cedera yang menyebabkan bagian tubuh yang berkaitan membengkak. Peradangan yang terjadi di luar tubuh, cukup mudah untuk diobati. Namun bagaimana jika peradangan ini terjadi di bagian dalam tubuh?

Contoh sederhana dalam peradangan yang terjadi di tenggorokan, yang disebut dengan radang tenggorokan. Dimana jaringan didalam tenggorokan akan membengkak karenanya. Selain itu, pembuluh darah maupun saluran pernafasan juga bisa mengalami pembengkakan akibat radang tersebut. Jika pembuluh darah dekat jantung juga mengalami peradangan, maka risiko besar menanti seperti contoh terkena serangan jantung. Artritis merupakan sejenis peradangan yang menyerang persendian. Secara garis besar, penyakit yang berakhiran ‘-itis’ biasanya disebabkan oleh inflamasi.

Ada banyak cara alami yang bisa Anda pelajari untuk membantu mengurangi dampak buruk dari peradangan yang terjadi pada tubuh Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan rempah-rempah. Ya, rempah-rempah semisal yang biasa digunakan untuk jamu, juga rempah-rempah dalam masakan juga ternyata memiliki kemampuan mengatasi peradangan lebih baik dari obat-obatan lho. Berikut ini adalah enam Jenis Rempah Yang Bagus Untuk Mengatasi Peradangan.

Jenis Rempah Yang Bagus Untuk Mengatasi Peradangan

1. Kunyit.

Kunyit sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu rempah tradisional khas India dan Cina. Kini pewarna alami makanan tersebut juga banyak dimanfaatkan sebagai campuran bahan obat tradisional dll. Manfaat dari kunyit ini sendiriantara lain memiliki khasiat antioksidan, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-jamur. Anti inflamasi (peradangan) yang didapat dari kunyit berasal dari kandungan tinggi Curcumin  di dalamnya. Curcumin  merupakan antioksidan yang memberi warna kuning pada kunyit. Tidak hanya curcumin, ternyata kunyit mengandung banyak antioksidan lain yang juga memiliki sifat anti-inflamasi.

2. Cabai.

Cabai memiliki kandungan Capsaicin didalamnya, yang memunculkan rasa pedas kha Cabai. Dengan semakin peras rasa Cabai, semakin tinggi juga kandungan Capsaicin didalamnya. Selain membuat rasa pedas, Capsaicin juga sangat efektif dalam membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada sendi.

Selain itu didalam Cabai juga ditemukan kandungan flavonoid dan carotenoid. Keduanya aktif dalam membantu pencegahan kerusakan pada sel, yang menyebabkan peradangan.

3. Jahe.

Jahe merupakan rempah yang dikenal sejal lama memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Termasuk dalam membantu mencegah peradangan, kandungan Gingerol di dalam Jahe terbukti dapat membantu menghambat produksi radikal bebas penyebab peradangan.

4. Kayu manis.

Kayu manis mungkin lebih populer sebagai salah satu rempah dengan manfaatnya yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga bagus untuk mencegah Diabetes. Namun, sama halnya dengan kandungan di dalam rempah manapun, di dalam kayu manis juga terdapat zat antioksidan serta antiinflamasi. Tepatnya kandungan Cinnamaldehyde, yang terbukti dapat mencegah inflamasi pada jantung yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

5. Cengkeh.

Memiliki zat yang menyerupai Cinnamaldehyde pada kayu manis. Namun manfaatnya ternyata jauh lebih baik dalam mencegah peradangan pada jantung. Eugenot di dalam Cengkeh, membantu mencegah penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan peradangan.

6. Lada.

Lada adalah salah satu rempah yang memiliki sidat antibakter, antijamur dan antiinflamasi. Berdasarkan penelitian, kandungan kimia alami di dalam lada yaitu Piperine bermanfaat dalam mencegah tahap awal inflamasi akut.

Artikel sebelumnya : Jenis Makanan Yang Memicu Terjadinya Peradangan

posted by : obatqncjellygamat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *