Jika Anak Sakit Perut

Sakit perut pada anak mungkin termasuk keluhan yang paling sering terjadi pada mereka. Bagaimana tidak, tubuhnya yang masih rentan, bisa dengan gampang terkena infeksi bakteri yang termakan secara tidak sengaja melalui makanan, kurangnya menjaga kebersihan makanan dan faktor lainnya. Sakit perut juga menjadi salah satu alasan terserung yang membuat orangtua kebanyakan membawa anaknya ke dokter atau unik gawat darurat rumah sakit.

Jika Anak Sakit Perut

Sakit perut pada anak cukup sulit terdiagnosa. Dokter akan memberikan serangkaian pertanyaan yang detail, tentang penyebab dari sakit perut yang terjadi pada anak. Namun ada kalanya penyebabnya bisa sangat jelas, sehingga tidak diperlukan perawatan dan pemeriksaan khusus. Sebagian besar sakit perut yang terjadi pada anak-anak dapat sembuh dengan sendirinya, dalam hitungan jam atau hari.

Ada beberapa penyebab dari sakit perut yang menyerang anak-anak, diantaranya :

  • Infeksi, seperti yang dijelaskan diatas infeksi menjadi salah satu penyebab anak mengalami sakit perut. Infeksi ini bisa terjadi pada ginjal atau kandung kemih, dan infeksi pada bagian tubuh lainnya.
  • Faktor makanan, penyebab sakit perut dari makanan bisa karena terlalu banyak makan, keracunan, hingga alergi pada makanan tertentu.
  • Masalah di usus, seperti sembelit dan kolik.
  • Masalah di luar perut, otot tegang hingga Migrain.
  • Masalah kesehatan yang memerlukan pembedahan, seperti radang usus buntu, obstruksi atau intususepsi usus (telescoping bagian dari usus).
  • Keracunan, akibat hewan berbisa, sabun termakan, terpapar bahan kimia dan asap rokok.

Waspada saat sakit perut berulang.

Sebagian anak-anak mengalami sakit perut berulang yang akhirnya membuat orangtua mereka menjadi khawatir. Akan tetapi, penyebabnya cukup sulit ditemukan, karena alasan anak sakit perut juga bisa terjadi karena mereka mengkhawatirkan / takut akan sesuatu. Tanyakan pelan-pelan kepada anak mengapa sakit perut bisa terjadi dan apa yang membuat mereka khawatir. Jika masih tetap bisa ditangani, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hal terbaik dalam mengatasi sakit perut berulang ini.

Sakit perut anak akibat radang usus buntu.

Berhati-hati pada orangtua yang anaknya mengalami sakit perut karena bisa jadi kondisi ini difaktori oleh gangguan penyaklit radang usus buntu.

Awal-awal sakit perut tanda radang usus buntu dimulai dibagian tengah perut yang bergerak turun terus kebagian perut bawah sisi kanan. Perut juga akan sakit saat disentuh. Rasa sakit akan semakin parah saat anak berjalan dan batuk. Anak yang menderita sakit perut akibat radang usus buntu, biasanya menunjukkan gejala seperti demam, tidak mau makan, muntah dan terkadang diare.

Peanganan sakit perut pada anak tidak boleh sembarangan. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *