Kenali 10 Macam Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia

Manusia, umumnya memang dapat mengalami gangguan kesehatan, apapun mulai dari gangguan fisik luar seperti kecelakaan, luka dan lain-lain, hingga gangguan dari dalam tubuh, gangguan pencernaan misalnya. Sepertinya hampir semua manusia di dunia pernah mengalami gangguan pada sistem pencernaannya. Dari mulai gangguan yang bisa dikategorikan ringan seperti sakit perut, hingga gangguan pencernaan yang menjadi tanda atau ciri sinyal penyakit berbahaya.

Karena sistem pencernaan berkaitan satu sama lain, tidak heran jika salah satunya mengalami gangguan, organ lain dalam pencernaan juga akan mengalami hal yang sama. Namun apakah Anda tau apa-apa saja jenis dari gangguan pada sistem pencernaan yang  umum terjadi serta penyebab dari terjadinya hal tersebut? Yuk, mari simak selengkapnya berikut ini.

Gangguan pada sistem pencernaan yang umum terjadi, adalah :

Kenali 10 Macam Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia

1. Gastritis.

Gastritis, adalah salah satu gangguan pada sistem pencernaan tepatnya pada lambung. Penyebab umumnya berasal dari asupan makanan yang mengandung kuman penyakit. Kemungkinan lainnya terjadi Gastritis adalah asam klorida (HCL) terlalu tinggi.

2. Diare.

Anda tentu tidak asing lagi dengan salah satu jenis gangguan sistem pencernaan yang disebut Diare, iya ka? Nah penyebab diare sendiri hampir sama dengan Gastritis, yaitu terjadi karena makanan yang dikonsumsi mengandung kuman dan bakteri. Diare dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada selaput dinding usus besar. Bakteri dan kuman yang tadi masuk secara tidak sengaja akan membuat gerakan peristaltik di dalam usus tidak terkontrok. Akibatnya, selain laju makanan dan usus tidak menyerap air dengan baik, feses yang dikeluarkan pun terkadang bisa disertai dengan darah dan nanah. Diare juga menyebabkan penderitanya buang air besar cukup sering.

3. Konstipasi.

Konstipasi termasuk kebalikan dari diare. Jika Diare menyebabkan penderitanya sering ke kamar mandi, Konstipasi justu merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang menyebabkan penderitanya susah buang air besar. Konstipasi atau sembelit, merupakan tanda dari seseorang yang mengalami gejala feses mengeras hingga susah dikeluarkan, penyebabnya adalah kurangnya asupan serat. Selain itu kebiasaan untuk menunda-nunda waktu buang air juga termasuk penyebabnya.

4. Hepatitis.

Hepatitis termasuk penyakit dalam kategori gangguan sistem pencernaan. Penyebabnya adalah infeksi virus yang menyerang organ hati. Virus tersebut dapat masuk melalui air, dan makanan.

5. Apendisitis.

Termasuk gangguan yang terjadi karena peradangan pada apendiks. Penyebabnya  infeksi bakteri pada umbai cacing (usus buntu). Akibatnya, timbul rasa sakit di bagian perut sebelah kanan.

6. Tukak Lambung.

Tukak lambung atau luka lambung termasuk gangguan pada sistem pencernaan yang terjadi karena faktor kuman, toksin dan psikotomatis. Kebiasaan seperti gangguan kecemasan, ketakutan, stress, dan kelelahan merupakan faktor psikosomatis yang akhirnya dapat merangsang pengeluaran HCL di lambung. Jika HCL berlebihan, selaput lendir lambung dapat mengalami kerusakan.

Baca juga : Efek Samping Obat Hipertensi Penggunaan Jangka Panjang

7. Wasir atau ambeien.

Wasir atau ambeien ditandai dengan pembengkakan pada pembuluh vena yang tepat berada di anus. Biasanya mereka yang rentan terkena wasir atau ambeien ini adalah orang yang lebih lama beraktifitas dengan duduk, dan ibu hamil.

8. Maag.

Maag adalah gangguan umum pencernaan yang sangat umum terjadi pada siapa saja. Penyebab maag adalah kadar asam lambung yang meningkat karena dipicu oleh pola makan yang tida teratur, stress dan masih banyak lagi.

9. Keracunan.

Keracunan biasanya terjadi karena bakteri didalam perut yang berasal dari bakteri penyebab demam tipus dan paratipus.

10. Kekurangan gizi atau malnutrisi.

Biasanya terjadi karena terganggunya pembentukan enzim pencernaan. Gangguan tersebut disebabkan oleh sel-sel pankreas atropi yang kehilangan banyak reticulum endoplasma. Sebagai contoh adalah Kwashiorkor, yakni penyakit akibat kekurangan protein yang parah dan pada umumnya menyerang anak-anak.

Kenali 10 Macam Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *