Kenali Bahaya Asap Rokok Pada Wanita Hamil

Tidak sedikit sekarang ini dari para wanita yang memiliki kebiasaan perokok. Tidak hanya sebagai perokok aktif, perokok pasif juga bisa berbahaya bagi ibu hamil. Maka dari itu sangat penting jika ibu hamil terjaga selalu dari lingkungan perokok karena dengan menghirup asapnya saja sudah berbahaya. Hal seperti ini tidak hanya akan berbahaya bagi ibu hamil, tapi juga berdampak pada janin.

Kenali Bahaya Asap Rokok Pada Wanita Hamil

Bahaya dan resiko yang bisa terjadi pada wanita hamil yang terpapar asap rokok adalah keguguran pada janin. Berikut ini adalah kedelapan Bahaya yang ditimbulkan oleh asap rokok bagi ibu hamil, antara lain :

1. Bahaya yang pertama berpeluang terjadi pada wanita hamil di lingkungan perokok, yang tertimpa paparan asap rokok adalah peningkatan resiko terhadap kemungkinan kematian pada bayi. Akibatnya? Ibu hamil bisa menyebabkan penyakit pada bayi bahkan sebelum bayi terlahir.

2. Dengan kandungan toksin yang terdapat di dalam asap rokok juga berpotensi berakibat pada bayi terlahir dengan berat badan kurang dari normal atau BBLR. Kondisi ini dikarenakan toksin dalam asap rokok yang menghalangi aliran darah yang menjadi sumber dari nutrisi bayi.

3. Bahaya asap rokok pada ibu hamil lainnya menyebabkan kematian bayi lebih tinggi dikarenakan asap rokok bisa menyebabkan Sudden Infant Death Syndrome yaitu sindrom kematian pada bayi.

4. Diluar dari pada itu, kita semua mengetahui jika asap rokok bisa meningkatkan seseorang untuk terserang penyakit Bronkitis, Pneumonia dan infeksi telinga, termasuk pada bayi. Peluang terburuknya malah berpotensi memperlambat perkembangan organ paru-paru bayi sehingga bayi bisa mengalami kematian mendadak.

5. Wanita hamil yang terlalu lama terkena paparan asap rokok bisa mengakibatkan pergantian susunan DNA bayi yang berdampak pada melemahnya sistem imun atau kekebalan pada badan bayi.

6. Akibat asap rokok yang terhirup terus-terusan oleh ibu hamil dapat berpengaruh pada perkembangan otak janin semasa di dalam kandungan. Dengan kondisi ini, resiko terhadap bayi lahir dengan keterbelakangan mental juga meningkat.

7. Bahaya lain dari asap rokok yang terhirup oleh wanita hamil adalah kelahiran bayi prematur. Bayi yang terlahir prematur tidak bisa tumbuh dengan sehat, hal ini juga berdampak pada terserangnya asma pada bayi kelak.

8. Meningkatkan resiko kelahiran bayi terlahir cacat, contoh kecilnya adalah bibir sumbing.

Penting untuk diketahui, jika asap rokok yang tidak baik bagi wanita hamil tidak berasal dari ibu perokok saja, tapi dari lingkungan sekitar. Diharapkan ibu hamil, menghindari lingkungan asap rokok, atau beri pengertian pada suami / keluarga agar tidak merokok dalam satu ruangan dengan ibu hamil. Semoga bermanfaat, salam.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.